Segera Selesaikan Proyek

BATAS akhir pengerjaan proyek segera berakhir tanggal 15 Desember mendatang. Pembangunan sejumlah proyek berskala nasional atau yang bersumber dari anggaran daerah diminta untuk segera menyelesaikan sebelum tanggal 15 Desember.

Demikian harapan Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda NTB Muhammad Riadi saat dikonfirmasi Suara NTB di Kantor Gubernur NTB, Jumat, 9 Desember 2022.

Dicontohkan, sekarang ini realisasi Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dari sejumlah proyek di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov NTB dan instansi vertikal sudah mencapai 79,03 persen dengan pagu Rp2.270.914.577.000 dan realisasi sebesar Rp1.794.678.626.727.

 Menurutnya, capaian ini cukup bagus dibandingkan dengan realisasi capaian sejumlah proyek DAK fisik di sejumlah daerah di Indonesia.

Untuk itu, pihaknya meminta kontraktor yang menangani sejumlah proyek yang bersumber dari DAK fisik segera dituntaskan sebelum batas waktu yang ditetapkan oleh pemerintah. Menurutnya dalam upaya memenuhi capaian realisasi ini kontraktor harus bekerja ekstra.

“Terhadap kekurangan pekerjaan dari sarapan DAK fisik harus digenjot pekerjaannya. Hal ini untuk mengejar sisa waktu pembangunan di akhir tahun anggaran. Misalnya tenaga kerja diperbanyak dan waktu kerja juga ditambah,” ujar mantan Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan NTB ini.

Ketika terjadi penambahan tenaga kerja, maka material juga harus sudah disiapkan. Dalam hal ini, percuma pihak kontraktor menambah tenaga kerja jika material yang dipergunakan untuk mengerjakan proyek tidak disiapkan dengan baik.

“Karena tenaga kerja dilipatgandakan, material juga harus ready. Jika tenaga kerja dilipatgandakan, material tidak ada. Percuma juga.  Kan sama saja biaya yang dibutuhkan dengan menambah tenaga kerja dan mempercepat waktu,” ujarnya.

Ditegaskannya, realisasi fisik akan kelihatan tidak selesai dengan bukti fisik dari proyek yang bersangkutan. Artinya kalau fisiknya belum selesai dikerjakan, maka pekerjaan dari kontraktor tersebut belum selesai. Untuk itu, pihak yang mengharapkan kontraktor bekerja secara maksimal untuk mengejar akhir tahun anggaran yang akan segera berakhir dalam beberapa hari ini. Upaya untuk menyelesaikan pekerjaan itu bisa dilakukan dengan menambah tenaga kerja, memperbanyak material dan juga mempercepat waktu pengerjaan dengan tetap memperhatikan kualitas dari proyek yang bersangkutan.  (ham)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

NTB Gencarkan Pengembangan Padi Inpari Nutri Zinc untuk Turunkan Angka Stunting

0
Mataram (Suara NTB) – Kementerian Pertanian telah berhasil memproduksi varietas Padi Inpari Nutri Zinc. Varietas tersebut kaya nutrisi sehingga diharapkan dapat mencegah dan menurunkan...

Latest Posts

NTB Gencarkan Pengembangan Padi Inpari Nutri Zinc untuk Turunkan Angka Stunting

Mataram (Suara NTB) – Kementerian Pertanian telah berhasil memproduksi...

Sidang Desa Jero Gunung, Kades Akui Tanda Tangan Dipalsukan

Mataram (Suara NTB)- Kepala Desa (Kades) Jero Gunung, Amrullah...

100 KK di Ntobo Kota Bima Belum Tersentuh Jaringan Internet

Kota Bima (Suara NTB) - Kurang lebih sebanyak 100...

Desa Gemilang Informasi Publik, Ikhtiar Wujudkan Keterbukaan Informasi Publik hingga Tingkat Desa

Mataram (Suara NTB)- Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik...

Dinas LHK NTB Apresiasi Keberhasilan Desa Semparu Terkait Tata Kelola Sampah

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB melalui...