Temui Dubes Indonesia di Ankara, IWAPI NTB Incar Pasar Turki

0
Ketua IWAPI NTB, Hj. Baiq. Diyah Ratu Ganefi dan rombongan, menemui langsung Duta Besar Indonesia untuk Turki, Lalu Iqbal di Ankara untuk mengejar peluang pasar produk NTB di negara dua benua itu.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Provinsi NTB mengincar peluang usaha di negara Turki untuk pemasaran produk-produk NTB. Sebagai pintu masuknya, rombongan pengusaha wanita ini menembui Duta Besar Indonesia yang ada di Turki, Lalu. Iqbal.

Ketua IWAPI NTB, Hj. BaiqDiyah Ratu Ganefi, SH bersama 19 pengurus IWAPI dari unsur DPD dan DPC di kabupaten/kota di NTB sowan ke Lalu . Iqbal di kantor kedutaan Indonesia di Ankara (Ibu Kota Negara Turki) , Senin, 6 Desember 2022.

Kedatangan perwakilan pengusaha NTB juga disambut hangat oleh Lalu Iqbal yang juga putra asli Lombok ini.

Ratu Ganefi mengatakan, kedatangannya ke negara dua benua, Eropa dan Asia itu karena melihat potensi pasar yang sangat terbuka disana untuk produk-produk yang dihasilkan di NTB.

“Kami melihat begitu banyaknya warga negara Indonesia yang berlibur ke Turki. Bahkan ada paket-paket umrah yang ke Turki. Mereke berwisata ke Cappadocia (destinasi wisata terpopuler di Ankara),” ujarnya.

Selain itu, mendarat di Bandar Udara Internasional Atatürk, perjalanan akan menyusuri pedestarian wisata di Turki yang penuh dengan sejarah peradaban Islam tertua. Salah satunya ada juga Hagia Sophia yang merupakan masjid atau salah satu monumen sejarah peradaban Islam dunia tertua di dunia.

“Di Istanbul juga ada beberapa restoran-restoran Indonesia. Biasanya disinggahi oleh begitu banyaknya orang Indonesia disana. Jadi Turki ini kami lihat sebagai negara yang memiliki peluang cukup besar bagi komoditas kita dipasarkan,” imbuhnya.

Dari NTB bisa dikirim produk seperti sambal, ikan asin dan kuliner yang siap makan, termasuk produk UMKM. Potensi tersebut bisa dijadikan peluang usaha antar negara. Selain itu, IWAPI berharap terbuka  peluang-peluang promosi, misalnya ada pameran-pameran yang memudahkan pengusaha NTB untuk ikut partisipasi, dimana Kedutaan Republik Indonesia bisa menyediakan booth gratis.

“Karena kalau pameran ke luar negeri biayanya pasti mahal. Kita juga berharap adanya misi budaya, misal semalam Mandalika NTB dengan menampilkan tarian-tarian dan kuliner-kuliner NTB,” imbuhnya.

Dalam pertemuan dengan Duta Besar Indonesia di Turki, Lalu Iqbal, Ratu Ganefi menyebut sambutan hangat duta besar menyambut rombongan NTB. Disebutkan, visi duta besar Indonesia di Turki sangat besar memajukan NTB.  Bisa jadi karena daerah asalnya, sehingga sangat termotivasi memajukan daerah ini.

“Kuliner, pameran pameran, sangat antusias disambut oleh pak Dubes. Sehingga kami menangkap peluang ini. Semoga nantinya pemerintah daerah dan pelaku usaha di NTB bisa menangkap peluang yang ada di Turki ini untuk ekspor,” demikian mantan anggota DPD RI ini.(bul)