Unisma Raih Dua Kategori Anugerah Kampus Unggulan

Malang (suarantb.com)Universitas Islam Malang (Unisma) sebagai Perguruan tinggi dengan Akreditasi Unggul Institusi tahun ini kembali mendapat penghargaan Anugerah Kampus Unggulan (AKU). Penghargaan itu diberikan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) VII Jawa Timur, Kamis (1/12) lalu.

Dalam Rapat Kerja LLDIKTI yang digelar di Hotel Grand Mercure itu, Unisma mendapat dua penghargaan sekaligus. Yakni Perguruan Tinggi dengan Kualitas Pelaporan Terbaik dan Perguruan Tinggi Penyelenggara Beasiswa Mandiri Untuk Indonesia Pintar Lima Tahun Berturut-turut.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Rektor 4 Unisma Dr. Ir. Hj. Istirochah Pujiwati, M.P., untuk menerima penghargaan bergengsi itu. Tahun ini, Unisma mendapat penghargaan yang berbeda dari tahun sebelumnya. Seiring dengan status Akreditasi Kampus kebanggan Nahdlatul Ulama (NU) yang telah berada di tingkat tertinggi. Yakni Akreditasi Unggul Institusi.

Istirochah Pujiwati menyampaikan rasa syukurnya akan perolehan prestasi ini. Dia mengatakan, prestasi Unisma tidak sekedar memperoleh anugerah kampus unggul. Tetapi harus tetap maju di segala aspek. Baik ada penghargaan atau tidak. Sehingga kepercayaan masyarakat semakin meningkat. “Alhamdulillah penghargaan ini membuktikan kualitas Unisma yang memang unggul dari berbagai aspek,” katanya.

Dalam Anugerah Kampus Unggulan ini, LLDIKTI membuat skema dengan tiga kategori perguruan tinggi sesuai peringkat akreditasi institusinya. Yakni akreditasi A (unggul), B (baik sekali), dan C (baik). Istilah akreditasi ini masih memakai standar lama.

Dari tiga kategori ini dibagi menjadi empat kategori lagi. Yakni Perguruan Tinggi Pelaporan Terbaik, Perguruan Tinggi dengan kerjasama terbanyak, Perguruan Tinggi dengan implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal terbaik, dan Perguruan Tinggi dengan implementasi pendidikan anti intoleransi, perundungan, kekerasan seksual, dan anti narkoba. “Adapun Perguruan Tinggi Penyelenggara Beasiswa Mandiri itu termasuk kategori khusus,” ujar Istirochah.

Tahun lalu, Unisma juga mendapat AKU dengan kategori Publikasi Terbaik. Anugerah yang diperoleh setiap tahun itu menjadi motivasi tersendiri bagi civitas Unisma untuk berbuat lebih baik dari waktu ke waktu. Baik di bidang akademik, riset, kerjasama, kemahasiswaan, branding, dan sebagainya. “Kalau tahun ini di peringkat 2, maka tahun depan harus bisa yang terbaik. Bekerja lebih baik. Kita harus tetap progresif untuk setiap tugas dan kewajiban masing-masing,” tegasnya.

Sementara itu, di Jawa Timur hanya ada enam PTN PTS yang telah mencapai Akreditasi Unggul Institusi. Salah satunya Unisma. Dari enam Perguruan Tinggi itu hanya dua yang mendapat nilai akreditasi unggul dari kenaikan peringkat. Yakni Unisma dan salah satu PTS di Surabaya. Sedangkan empat kampus lainnya diperoleh dari proses penyetaraan dari akreditasi A. “Menurut kami ini menjadi sebuah kebanggan tersendiri,” ucap wakil rektor 4 unisma. (r/*)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur...

0
Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat infrastruktur kepengurusan dan jaringan di berbagai wilayah Indonesia menuju Pemilu 2024.Hal ini ditandai dengan dilantiknya...

Latest Posts

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur Partai Guna Raih Double Digit

Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat...

Aruna Senggigi Gelar Malam Apresiasi Pelanggan 2023

Giri Menang (Suara NTB) – Aruna Senggigi Resort &...

Tekan PMK, Pemprov NTB Targetkan 1,4 Juta Ternak Divaksin Tahun 2023 

Selong (suarantb.com)– Dalam rangka pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku...

Beri Pengalaman di Dunia Kerja, BRI Buka Program Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA)

Jakarta (suarantb.com)– Peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia dalam...

Mahasiswa KKN Unram Latih Warga Buat Kerupuk Berbahan Pisang

Mataram (Suara NTB) – Dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat...