Sambut Tawaran Gubernur, Bawaslu Siap Wujudkan Desa Wisata Demokrasi di NTB

Mataram (Suara NTB) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi NTB menggagas adanya program desa wisata demokrasi di tahun 2023 mendatang. Nantinya, desa wisata demokrasi itu akan difokuskan di kawasan lingkar KEK Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng).

Anggota Bawaslu Provinsi NTB, Hasan Basri mengatakan, awalnya ide untuk mewujudkan hal itu, berasal dari pernyataan Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah saat menerima audiensi jajaran Bawaslu setempat di ruang kerjanya, beberapa waktu lalu.

Menurut dia, penyataan Gubernur itu telah langsung ditindaklanjuti oleh pihaknya. Apalagi, pariwisata menjadi salah satu program unggulan Pemprov NTB. “Desa wisata demokrasi ini bukan soal bicara untung dan rugi biaya tiket. Tapi desa wisata demokrasi ini, adalah upaya Bawaslu dalam menggerakkan partisipasi masyarakat di wilayah setempat untuk melek terhadap pemilu,” kata Hasan saat dikonfirmasi Senin, 5 Desember 2022.

Mantan Ketua Bawaslu Kota Mataram itu, mengaku bahwa desa wisata demokrasi dalam konsep pihaknya adalah bagaimana pengawasan partisipatif masyarakat di wilayah tersebut sangat tinggi dan berjalan efektif. Salah satunya, bagaimana masyarakat di wilayah itu, dapat secara bersama-sama menolak adanya politik uang.

“Tahap awal, kami sudah melakukan identifikasi pada sejumlah desa di lingkar KEK Mandalika. Nanti, kami akan turunkan tim survei melalui pengawas lapangan yang kita miliki untuk melihat trend politik uang dan partisipasi mereka dalam hajatan pemilu, baik nasional, Pilkada Gubernur, bupati hingga pemilihan kepala desa,” ujar Hasan.

Ia memastikan stake holder yang akan dilibatkan dalam menyukseskan desa wisata demokrasi adalah, Pemprov NTB. Apalagi, koneksitas program, antara program demokrasi melalui penyelenggaraan Pemilu dengan program wisata yang tergabung dalam program unggulan Pemprov akan menjadi langkah untuk menarik masyarakat Internasional supaya paham tentang demokrasi di Indonesia.

“Kami betugas dan wajib mencoba mengakseskan program Pemilu dengan program wisata. Kesempatan menarik wisata ke dalam ajang demokrasi melalui pengawasan Pemilu sangat efektif untuk dilakukan. Ini karena pemilu bukan soal ruang formal semata, tapi sambil wisatawan menikmati keindahan panorama Mandalika, mereka bisa juga melihat kemajuan demokrasi di wilayah desa yang masuk lingkar KEK Mandalika sebagai alternatif kunjungan mereka selama berada di Lombok,” jelas Hasan.

Ia menambahkan, sebelum launching desa wisata demokrasi itu, Bawaslu NTB akan melakukan MoU bersama stake holder terkait. Salah satunya, Kakanwil Kementerian agama untuk melibatkan para siswa mereka, dan pondok pesantren untuk bisa masuk sebagai bagian dari pengelola program desa wisata demokrasi tersebut.

Termasuk, pelibatan mereka sebagai duta-duta pengawasan Pemilu dalam konsep internasionalisasi pengawasan Pemilu di Indonesia. “Jadi, desa wisata demokrasi itu, konsepnya adalah masyarakatnya melek pemilu dengan target mereka bisa melakukan pencegahan dalam segala praktik yang masuk pada kerawanan pemilu,” tandasnya. (ndi) 



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

NTB Gencarkan Pengembangan Padi Inpari Nutri Zinc untuk Turunkan Angka Stunting

0
Mataram (Suara NTB) – Kementerian Pertanian telah berhasil memproduksi varietas Padi Inpari Nutri Zinc. Varietas tersebut kaya nutrisi sehingga diharapkan dapat mencegah dan menurunkan...

Latest Posts

NTB Gencarkan Pengembangan Padi Inpari Nutri Zinc untuk Turunkan Angka Stunting

Mataram (Suara NTB) – Kementerian Pertanian telah berhasil memproduksi...

Sidang Desa Jero Gunung, Kades Akui Tanda Tangan Dipalsukan

Mataram (Suara NTB)- Kepala Desa (Kades) Jero Gunung, Amrullah...

100 KK di Ntobo Kota Bima Belum Tersentuh Jaringan Internet

Kota Bima (Suara NTB) - Kurang lebih sebanyak 100...

Desa Gemilang Informasi Publik, Ikhtiar Wujudkan Keterbukaan Informasi Publik hingga Tingkat Desa

Mataram (Suara NTB)- Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik...

Dinas LHK NTB Apresiasi Keberhasilan Desa Semparu Terkait Tata Kelola Sampah

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB melalui...