Mahasiswa Unram Dibekali Keterampilan Manajemen dan Internalisasi Pencegahan Korupsi

Mataram (Suara NTB) – Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD) kembali digelar Universitas Mataram (Unram). Pada tahun ini LKMM-TD dirangkaikan dengan Internalisasi Pencegahan Korupsi dengan tema BERISIK (Berbincang Asik) soal Integritas yang digelar di Ruang Sidang Senat Rektorat pada Jumat, 2 Desember 2022.

Kegiatan ini secara resmi dibuka Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unram, Prof. Dr. Ir. Enny Yuliani, M.Si.

Dalam sambutannya Prof. Enny menyampaikan pendidikan tidak hanya ditempuh secara formal tetapi harus selaras dengan eksplorasi serta potensi diri melalui kesempatan prestisius agar mahasiswa menjadi pribadi yang cerdas dan bersinar.

Dalam hal ini, harapnya, perlu dikembangkan iklim belajar yang dapat menumbuhkan rasa percaya diri, menumbuhkan sikap dan perilaku inovatif, kreatif, dengan demikian akan mampu menghasilkan mahasiswa yang unggul, yang dapat membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa.

‘’Oleh karena itu perguruan tinggi terus mengembangkan dan mengarahkan serta mendidik mahasiswa mampu meningkatkan daya penalaran, menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, berjiwa entrepreneur, penuh pengabdian serta harus bertanggung jawab untuk masa depan negara dan bangsa,” ungkapnya.

Wakil Rektor 3 Unram itu juga menyampaikan tanggung jawab untuk masa depan negara dan bangsa serta pengembangannya merupakan usaha pendidikan yang dilakukan secara penuh kesadaran seperti yang telah dilakukan tersebut. Membentuk kepribadian, pengetahuan, serta meningkatkan keterampilan mahasiswa yang dilaksanakan harus paralel dengan kegiatan kurikuler untuk mencapai 17 tujuan pendidikan nasional.

“Oleh karena itu, dalam rangka mewujudkan prinsip-prinsip tersebut, maka dirasakan perlu untuk memberi pembekalan kepada para mahasiswa tentang keterampilan manajemen dengan harapan agar kelak mahasiswa dapat menjadi pemimpin yang mempunyai kemampuan teknis sesuai dengan tuntutan masyarakat di masa mendatang. Usaha ini diwujudkan dalam format kegiatan ekstrakurikuler yang diberi nama latihan keterampilan manajemen mahasiswa,” jelas Prof. Enny kepada seluruh mahasiswa perwakilan masing-masing fakultas yang hadir.

Dalam kegiatan LKMM-TD tersebut, turut hadir Prof. Gito Hadiprayitno, M.Si., yang berbicara tentang manajemen organisasi. Selain itu hadir pula Dr. Lalu Edy Herman Mulyono, M.M., sebagai pembicara terkait organisasi yang menjadi sarana dalam meningkatkan prestasi.

LKMM-TD kali ini dirangkaikan dengan pertemuan virtual melalui zoom mengenai Internalisasi Pencegahan Korupsi dengan tema BERISIK (Berbincang Asik) soal Integritas bersama Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendikbudristek Chatarina Muliana Girsang, Sherly Annavita selaku konten kreator muda, serta perwakilan dari Direktorat Pendidikan dan Pelatihan Antikorupsi. (ron)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

NTB Gencarkan Pengembangan Padi Inpari Nutri Zinc untuk Turunkan Angka Stunting

0
Mataram (Suara NTB) – Kementerian Pertanian telah berhasil memproduksi varietas Padi Inpari Nutri Zinc. Varietas tersebut kaya nutrisi sehingga diharapkan dapat mencegah dan menurunkan...

Latest Posts

NTB Gencarkan Pengembangan Padi Inpari Nutri Zinc untuk Turunkan Angka Stunting

Mataram (Suara NTB) – Kementerian Pertanian telah berhasil memproduksi...

Sidang Desa Jero Gunung, Kades Akui Tanda Tangan Dipalsukan

Mataram (Suara NTB)- Kepala Desa (Kades) Jero Gunung, Amrullah...

100 KK di Ntobo Kota Bima Belum Tersentuh Jaringan Internet

Kota Bima (Suara NTB) - Kurang lebih sebanyak 100...

Desa Gemilang Informasi Publik, Ikhtiar Wujudkan Keterbukaan Informasi Publik hingga Tingkat Desa

Mataram (Suara NTB)- Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik...

Dinas LHK NTB Apresiasi Keberhasilan Desa Semparu Terkait Tata Kelola Sampah

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB melalui...