Penghapusan Tenaga Honorer Belum Ada Juknis dari Pusat

Mataram (Suara NTB) – Pemkot Mataram masih mengalokasikan anggaran untuk gaji pegawai honorer pada anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2023. Pasalnya, penghapusan tenaga non aparatur sipil negara belum ada petunjuk teknis (juknis) dari pemerintah pusat.

Sekretaris Daerah Kota Mataram, Dr. H. Effendi Eko Saswito mengaku, pihaknya telah mengalokasikan anggaran Rp55 miliar pada APBD 2023 untuk membayar gaji pegawai honorer. Kebijakan ini karena belum adanya petunjuk lebih lanjut tentang keberadaan tenaga honor meskipun sebelumnya pemerintah pusat telah mengeluarkan surat edaran penghapusan tenaga non ASN tersebut. “Tetapi belum ada petunjuk teknis yang kita terima saat ini,” kata Eko dikonfirmasi di ruang kerjanya akhir pekan kemarin.

Karena belum ada petunjuk teknis kata Sekda, Pemkot Mataram menjalankan seperti biasanya sambil mengkonsultasikan dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPARB).

Dikatakan, tenaga honorer sangat dibutuhkan oleh pemerintah daerah untuk menunjang program pemerintah. Justru dikhawatirkan jika dihapus sementara pegawai negeri sipil di Lingkup Pemkot Mataram terbatas, maka pelayanan publiki akan terganggu. “Kita bisa tidak optimal memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ungkapnya.

Eko tidak bisa membayangkan bilamana tenaga non ASN dihapus. Ia mencontohkan, petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram adalah tenaga non ASN. Jika ratusan pasukan kuning dihapus maka tidak mungkin ASN disuruh menyapu. Karena itu, pengangkatan tenaga non ASN tersebut disesuaikan dengan kebutuhan organisasi perangkat daerah.

Sekda menegaskan, tidak ada lagi pengangkatan tenaga non ASN tahun berikutnya,karena data pegawai honorer telah diserahkan ke pemerintah pusat. “Itu yang kita jadikan acuan nanti,” demikian kata Sekda. (cem)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Tingkatkan Kompetensi Sales People, AHM Gelar Mash Up Community Contest

0
Mataram (suarantb.com)-Meningkatnya penjualan sepeda motor Honda yang disertai juga dengan banyaknya komunitas-komunitas sepeda motor yang terus berkembang, menjadikan sales people sebagai garda terdepan bisnis...

Latest Posts

Tingkatkan Kompetensi Sales People, AHM Gelar Mash Up Community Contest

Mataram (suarantb.com)-Meningkatnya penjualan sepeda motor Honda yang disertai juga...

PLN Siapkan Kembali Suplai Listrik Berlapis untuk Gelaran WSBK 2023

Mataram (Ekbis NTB)-Perhelatan ajang internasional World Super Bike (WSBK)...

Selain Promo Besar-besaran, Ricky Smartphone Siapkan 1.000 Snack Sehat bagi Pengunjung

Mataram (Suara NTB)-Menyambut bulan kasih sayang, Ricky Smartphone di...

Dinas LHK NTB akan Buka Kembali Pos Pengamanan Hutan

Mataram (Suara NTB) – Setelah sempat vakum akibat Pandemi...

Pemkot Bima Naikkan Dana Bantuan Stimulan Jadi Rp750 Juta

Kota Bima (Suara NTB) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bima...