Bantu Korban Cianjur, Pemprov NTB Kirim Ayam Taliwang hingga Sate Rembiga

Mataram (Suara NTB) – Pemprov NTB dan elemen masyarakat yang ada di daerah ini berkontribusi dengan mengirim bantuan berupa makanan siap saji bagi korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat (Jabar). Sabtu, 3 Desember 2022 Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyahdidampingi Kasrem 162/Wira Bhakti Kol. Inf. Lalu Habiburrahim, sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov NTB, melepas dua truk yang mengangkut makanan siap saji berupa produk lokal NTB senilai Rp 811,280 juta.

Dua truk bantuan makanan tersebut paling banyak merupakan kuliner khas Lombok, seperti Ayam Taliwang, Ayam Rarang dan Sate Rembiga. Selain itu, Pemprov NTB juga mengirim bantuan ke Cianjur berupa telur asin, madu Sumbawa, kue kering, kopi Lombok dan Sumbawa.

Dalam sambutan pelepasannya, Gubernur mengakui NTB pernah dilanda gempa dahsyat tahun 2018 lalu. Untuk itu, ketika terjadi gempa bumi di Cianjur Jawa Barat yang menyebabkan 300 lebih warga meninggal dunia, NTB ikut merasakan apa yang dialami masyarakat Cianjur. Sebagai bentuk empati masyarakat NTB kepada masyarakat Cianjur, ASN, BUMD dan PT AMMT, Bank NTB Syariah, Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat menggalang dana bantuan untuk korban gempa bumi di Cianjur.

Gubernur mengatakan, pihaknya sengaja mengirim bantuan ke Cianjur dalam bentuk produk lokal. Karena pengungsi juga membutuhkan sesuatu yang beda saat berada di pengungsian. Selain itu juga dengan bantuan dikirim ini masyarakat yang ada di luar NTB mengetahui kuliner kuliner khas NTB dan produk-produk lainnya.

Kan tidak mungkin seminggu berada di pengungsian hanya mi instan saja yang dikonsumsi. Mereka butuh juga makanan siap saji lain,” ujarnya.

Gubernur juga meminta KepalaPelaksana Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) NTB agar ketika menyerahkan bantuan pada korban bencana menggunakan produk-produk lokal.

Kepala Dinas Sosial (Disos) NTB Dr. H. Ahsanul Khalil, menyebut alasan pihaknya mengirim bantuan berupa makanan siap saji, karena dari pengalaman NTB saat terjadi bencana korban gempa butuh makanan siap saji selama sebulan ke depan. Hal ini yang mendasari pemerintah daerah di NTB mengirimkan makanan siap saji terutama produk lokal. Penggunaan produk lokal ini sebagai salah satu upaya untuk memperkenalkan NTB di daerah lain jika NTB memiliki banyak produk yang khas dan bisa bersaing dengan produk daerah lain.

Pada pengiriman bantuan kemarin, ungkapnya, makanan siap saji yang paling banyak dikirim adalah Ayam Taliwang senilai Rp 300 juta, SateRembiga Rp 100 juta dan AyamRarang senilai Rp 50 juta yang sudah dikemas dalam bentuk kemasan. Sisanya dipergunakan untuk membeli kopi dan produk lokal lainnya.

Sementara kepala pelaksana BPBD NTB H. Ruslan Abdul Gani, menegaskan kesiapan pihaknya yang akan menyalurkan bantuan pada korban bencana menggunakan produk-produk lokal. Baginya perintah Gubernur NTB yang meminta penggunaan produk lokal akan mampu memberdayakan pelaku usaha mikro, kecil, menengah dan masyarakat.

“Kami mendukung kebijakan gubernur. Karena ini sangat penting untuk pemberdayaan pelaku UKM dan juga masyarakat kecil lainnya,” ujarnya.  (ham)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur...

0
Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat infrastruktur kepengurusan dan jaringan di berbagai wilayah Indonesia menuju Pemilu 2024.Hal ini ditandai dengan dilantiknya...

Latest Posts

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur Partai Guna Raih Double Digit

Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat...

Aruna Senggigi Gelar Malam Apresiasi Pelanggan 2023

Giri Menang (Suara NTB) – Aruna Senggigi Resort &...

Tekan PMK, Pemprov NTB Targetkan 1,4 Juta Ternak Divaksin Tahun 2023 

Selong (suarantb.com)– Dalam rangka pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku...

Beri Pengalaman di Dunia Kerja, BRI Buka Program Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA)

Jakarta (suarantb.com)– Peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia dalam...

Mahasiswa KKN Unram Latih Warga Buat Kerupuk Berbahan Pisang

Mataram (Suara NTB) – Dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat...