Pemprov NTB Ajak Mahasiswa Punya Mimpi Besar Melalui Beasiswa NTB

Mataram ( Suara NTB) – Salah satu inovasi unggulan Pemprov NTB yaitu pemberian beasiswa kepada masyarakat NTB dalam beberapa jenis dan ragam. Program beasiswa merupakan investasi di bidang pendidikan yang tak lekang oleh waktu. Para penerima beasiswa inilah nantinya yang akan membangun NTB sesuai dengan bidang dan keahlian masing-masing.

Kabid Pengembangan Sumber Daya Iptek Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) NTB Ahmad Muslim S.Pd mengatakan, dalam Pergub No 5/2022 disebutkan bahwa program Beasiswa NTB ada dua jenis yaitu beasiswa dalam negeri dan beasiswa luar negeri.

Beasiswa luar negeri memiliki tiga kategori yaitu beasiswa penuh, parsial dan short course. Dari tahun 2020 – 2021, pemberian beasiswa kategori A yang paling banyak diberikan. Pengiriman beasiswa ke luar negeri dari tahun 2018 – 2022 totalnya sebanyak 730 awardee yang dikirim ke puluhan kampus ternama di belasan negara, baik di Asia, Australia dan Eropa.

“Adapun alumninya sebanyak 306 alumni yaitu alumdi Polandia, Malaysia dan Ceko. Sisanya masih ongoing,” ujar Ahmad Muslim saat menerima kunjungan Tim Validasi Innovative Goverment Awards (IGA) Kementerian Dalam Negeri 2022 awal pekan kemarin.

Adapun pemberian beasiswa dalam negeri ada tiga kategori. Pertama adalah beasiswa miskin berprestasi. Beasiswa model ini merupakan adopsi program dari pemerintah pusat. Dengan program ini, masiswa yang miskin namun berprestasi akan diberikan beasiswa dari sejak dia mendaftar sampai yudisium.

“Kemudian ada program BSU atau Beasiswa Stimulan Unggulan. Dimana, beasiswa asal NTB yang kuliah di seluruh Indonesia, diberikan stimulan. Tahun ini kita berikan 1.013 mahasiswa, di tahun 2020 lalu sebanyak 800 mahasiswa kita berikan,” katanya.

Selanjutnya ada Beasiswa Stimulan Kerjasama (BSK). Ini merupakan program pembiayaan kuliah yang diharapkan alumninya langsung bisa membantu program pemerintah di bidang-bidang yang dibutuhkan seperti bidang pertambangan, pertanian, peternakan dan lain sebagainya.

“Total beasiswa untuk yang dalam negeri sebanyak 3.671, sementara beasiswa luar negeri sebanyak 730. Khusus tahun ini kita kirim mahasiwa ke Malaysia, Polandia dan Ceko,” kata Ahmad Muslim.

Persyaratan untuk mendapatkan beasiswa luar negeri itu adalah menguasai bahasa asing dengan baik. Karena itulah Pemprov NTB membangun Rumah Bahasa yang bisa dimanfaatkan oleh calon mahasiswa untuk mendapatkan pelatihan bahasa Inggris secara gratis. “Sampai tahun ini kita sudah latih sekitar 2000 masyarakat di Rumah Bahasa itu,” katanya.

Beasiswa NTB tidak mewajibkan para penerimanya untuk kembali mengabdi ke daerah. Program unggulan Pemprov NTB di bawah kepemimpinan Gubernur Dr. H. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah ini memberikan kebebasan bagi para penerimanya untuk berkarir di manapun mereka berada, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Para penerimanya pun sukses membuktikan keberhasilan mereka. Dengan berbagai prestasi dan menjabat di berbagai organisasi nasional dan internasional. Membuat anak NTB tak asing lagi menjadi publik figur dengan berbagai prestasi Gemilangnya.

Hal tersebut yang menjadi cita-cita besar Bang Zul, sapaan Gubernur, yang terus diperjuangkannya melalui program Beasiswa NTB selama masa jabatannya. “Saya ingin buat anak Nusa Tenggara Barat ini punya mimpi besar,” tutur Bang Zul dalam beberapa kesempatan.

Menurut Gubernur, kini anak NTB sudah biasa berkiprah di kancah nasional hingga Internasional. Hal tersebut membuktikan jika anak daerah diberi kesempatan, waktu, dan treatment yang pas maka anak NTB akan mampu menunjukan taringnya.

“Saya melihat SDM NTB itu sangat berbakat.  Kita sudah buktikan dengan treatment yang pas anak NTB pasti bisa,” ujarnya.(ris)

Ahmad Muslim saat memberikan penjelasan soal program Beasiswa NTB.

Pelepasan Awardee Beasiswa NTB tujuan Polandia bukan Oktober lalu.

Gubernur NTB melepas para Awardee Beasiswa NTB tujuan Malaysia, Polandia dan Republik Ceko dalam acara Gala Dinner bulan Oktober lalu.



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

NTB Gencarkan Pengembangan Padi Inpari Nutri Zinc untuk Turunkan Angka Stunting

0
Mataram (Suara NTB) – Kementerian Pertanian telah berhasil memproduksi varietas Padi Inpari Nutri Zinc. Varietas tersebut kaya nutrisi sehingga diharapkan dapat mencegah dan menurunkan...

Latest Posts

NTB Gencarkan Pengembangan Padi Inpari Nutri Zinc untuk Turunkan Angka Stunting

Mataram (Suara NTB) – Kementerian Pertanian telah berhasil memproduksi...

Sidang Desa Jero Gunung, Kades Akui Tanda Tangan Dipalsukan

Mataram (Suara NTB)- Kepala Desa (Kades) Jero Gunung, Amrullah...

100 KK di Ntobo Kota Bima Belum Tersentuh Jaringan Internet

Kota Bima (Suara NTB) - Kurang lebih sebanyak 100...

Desa Gemilang Informasi Publik, Ikhtiar Wujudkan Keterbukaan Informasi Publik hingga Tingkat Desa

Mataram (Suara NTB)- Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik...

Dinas LHK NTB Apresiasi Keberhasilan Desa Semparu Terkait Tata Kelola Sampah

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB melalui...