Mahasiswa Didorong Manfaatkan Galeri Investasi untuk Belajar Pasar Modal

Mataram (Suara NTB) – Mahasiswa didorong memanfaatkan Galeri Investasi (GI) untuk mempelajari pasar modal. Oleh karena itu, Universitas Islam Al-Azhar (Unizar) melaksanakan pengukuhan tim pengelola Galeri Investasi (GI) Unizar di aula Abdurrahim pada Selasa, 29 November 2022. 70 mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) Unizar hadir pada acara ini.

Galeri Investasi Universitas Islam Al-Azhar merupakan hasil kerja sama antara Bursa Efek Indonesia, Perguruan Tinggi, Perusahaan Efek, dan Perusahaan Data Provider untuk berperan menyampaikan informasi pasar modal terkini dan memfasilitasi praktek langsung bertransaksi di pasar modal. Oleh karenanya, untuk kelancaran tugas dan pelaksanaan serta pengelolaan GI Unizar, disusunlah kepengurusan dan ditetapkan dengan Surat Keputusan Rektor.

Surat Keputusan Pengangkatan Tim Pengelola Galeri Investasi Unizar dibacakan oleh Dr. Triana Lidona Aprilani, S.T., M.Ak. Dalam sambutannya, ia memaparkan bahwa GI tidak hanya wadah untuk membentuk pemahaman pasar modal secara teori, tapi juga simulasi bertransaksi.

“Galeri Investasi tidak hanya membentuk sebuah pemahaman pasar modal secara teori, melainkan juga memberikan kesempatan untuk melakukan simulasi serta bertransaksi secara langsung dan real time. Saya sarankan juga kepada mahasiswa untuk memanfaatkan wadah GI sebagai ruang diskusi dan menambah referensi untuk bahan penelitian nanti,” ujar Kaprodi Akuntansi FE Unizar ini.

Hadir pula dalam rangkaian pembukaan acara tersebut adalah Rektor Unizar, Dr. Muh. Ansyar, M.P.; Dekan FE Unizar, Muhamad Sayuti, S.E., M.M.; Wakil Dekan I FE Unizar, Baiq Dewi Lita Andiana, S.E., M.App.Com, Ketua Program Studi Akuntansi FE Unizar, Dr. Triana Lidona Aprilani, S.T., M.Ak; Dr. Baehaqi, S.Si., M.Pd., M.M sebagai Pembina GI Unizar terpilih, dan para dosen FE Unizar.

Acara pengukuhan ini juga dibarengi dengan Sekolah Pasar Modal Level 1 bagi para mahasiswa FE Unizar. Hadir sebagai narasumber adalah Fery Rahnaen, selaku Junior Trainer dari Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan NTB, dan perwakilan dari PT Phintraco Sekuritas, Arini Pascadita. Seluruh Tim Pengelola GI Unizar dilantik langsung oleh Rektor Unizar, Dr. Muh. Ansyar, M.P.

“Saudara-saudara telah terpilih sebagai pengurus Galeri Investasi Universitas Islam Al-Azhar. Selanjutnya, saya atas nama Rektor Universitas Islam Al-Azhar resmi mengukuhkan saudara-saudara sebagai pengurus Galeri Investasi Universitas Islam Al-Azhar periode 2022-2024. Saya yakin, saudara-saudara akan dapat melaksanakan tugas dan kewajiban sesuai dengan yang diamanatkan oleh Universitas Islam Al-Azhar,” tutur Dr. Ansyar saat membacakan SK Rektor.

Dalam sambutannya, Rektor mengingatkan Tim Pengelola GI Unizar untuk menyusun rencana dan implementasi selama dua tahun ke depan agar GI semakin maju. “Hari ini ada pergantian tongkat estafet kepengurusan. Ini menunjukkan bahwa organisasi kita itu sehat dan berjalan. Kalau tidak ada pelantikan, berarti organisasinya kurang sehat. Langkah awal ke depan adalah menyusun rencana apa saja yang akan dilakukan berikutnya, kemudian kita laksanakan rencana-rencana itu, sehingga apa yang ingin dicapai dua tahun ke depan bisa terealisasi,” jelas Rektor.

Ia pun menutup sambutannya dengan sebuah pesan. “Saya juga sebetulnya ingin belajar pasar modal. Dulu, kita hanya berangan-angan saja. Yang bisa masuk ke pasar modal adalah pemodal besar. Alhamdulillah, ini sudah ada di kampus kita. Mari kita manfaatkan bersama-sama, sehingga di awal-awal kita sudah bisa belajar bermain di pasar modal. Ini bukan judi, kita bisa membaca bagaimana pergerakan saham di bursa efek, sehingga kita bisa memilih di perusahaan mana kita menanam modal,” pungkas Rektor. (ron)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

NTB Gencarkan Pengembangan Padi Inpari Nutri Zinc untuk Turunkan Angka Stunting

0
Mataram (Suara NTB) – Kementerian Pertanian telah berhasil memproduksi varietas Padi Inpari Nutri Zinc. Varietas tersebut kaya nutrisi sehingga diharapkan dapat mencegah dan menurunkan...

Latest Posts

NTB Gencarkan Pengembangan Padi Inpari Nutri Zinc untuk Turunkan Angka Stunting

Mataram (Suara NTB) – Kementerian Pertanian telah berhasil memproduksi...

Sidang Desa Jero Gunung, Kades Akui Tanda Tangan Dipalsukan

Mataram (Suara NTB)- Kepala Desa (Kades) Jero Gunung, Amrullah...

100 KK di Ntobo Kota Bima Belum Tersentuh Jaringan Internet

Kota Bima (Suara NTB) - Kurang lebih sebanyak 100...

Desa Gemilang Informasi Publik, Ikhtiar Wujudkan Keterbukaan Informasi Publik hingga Tingkat Desa

Mataram (Suara NTB)- Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik...

Dinas LHK NTB Apresiasi Keberhasilan Desa Semparu Terkait Tata Kelola Sampah

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB melalui...