Mitigasi Bencana Perlu Libatkan Partisipasi Elemen Masyarakat

Mataram (Suara NTB) – Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana mengatakan, pengurangan risiko bencana sebagai bentuk kesiapsiagaan masyarakat untuk mengantisipasi munculnya permasalahan sosial. Forum pengurangan risiko bencana bisa menjadi wadah untuk bisa akseleratif memastikan penanganan bencana dan lain sebagainya. “Partisipasi dari elemen masyarakat sangat penting untuk mitigasi bencana,” kata Mohan, Kamis, 1 Desember 2022.

Berbagai unsur yang terlibat diharapkan melaksanakan manajemen melalui interaksi dan pemetaan daerah rawan bencana. Menurutnya, kondisi Kota Mataram tidak terlalu luas dan setiap tahun kebencanaan relatif bisa diprediksi, sehingga lebih mudah memprediksi dampak atau risiko bencana yang muncul. “Saya berharap kebijakan anggaran bisa membantu pencegahan dan penanganan bencana di Kota Mataram,” harapnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram, Mahfuddin Noer menjelaskan, pembentukan forum pengurangan risiko bencana di Kota Mataram guna mengurangi ancaman dan meningkatkan kemampuan masyarakat melalui perencanaan dan partisipasi masyarakat dalam melakukan mitigasi bencana.

Forum yang dibentuk sebagai perwujudan partisipasi publik untuk bersinergi dalam penanganan bencana berbasis masyarakat. “Forum ini sebagai wadah untuk mengurangi risiko bencana di masyarakat,” tambahnya.

Forum pengurangan risiko bencana terdiri dari lintas sektor yakni, akademisi, TNI, Polri, OPD teknis, dan media massa. Mahfuddin mengharapkan, mitigasi bencana bisa dimulai dari lingkungan masyarakat. Sosialisai dan edukasi akan dilakukan dengan harapan menumbuhkan kesadaran kolektif bagi masyarakat untuk memulai pencegahan dan penanganan bencana dari tingkat lingkungan. (cem)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur...

0
Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat infrastruktur kepengurusan dan jaringan di berbagai wilayah Indonesia menuju Pemilu 2024.Hal ini ditandai dengan dilantiknya...

Latest Posts

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur Partai Guna Raih Double Digit

Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat...

Aruna Senggigi Gelar Malam Apresiasi Pelanggan 2023

Giri Menang (Suara NTB) – Aruna Senggigi Resort &...

Tekan PMK, Pemprov NTB Targetkan 1,4 Juta Ternak Divaksin Tahun 2023 

Selong (suarantb.com)– Dalam rangka pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku...

Beri Pengalaman di Dunia Kerja, BRI Buka Program Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA)

Jakarta (suarantb.com)– Peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia dalam...

Mahasiswa KKN Unram Latih Warga Buat Kerupuk Berbahan Pisang

Mataram (Suara NTB) – Dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat...