Mahasiswa UTS Raih Juara di Eagle Award Documentary Competitions 2022

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Dalam Ajang Eagle Award Documentary Competition (EADC) 2022 Metro TV, tim dari mahasiswa Ilmu Komunikasi Univeritas Teknologi Sumbawa berhasil meraih juara 2 dalam kategori film dokumenter. Tim yang diprakarsai oleh Harsa Perdana dan M.Farhan tersebut berhasil menjadi juara setelah menyisihkan 129 karya yang berasal dari seluruh Indonesia. Di ajang film dokumenter pemula kategori profesional filmmakers ini, Harsa dan Farhan adalah satu-satunya peserta dengan status mahasiswa namun berhasil bersaing dengan wartawan, peneliti, serta aktivis.

Mengangkat cerita dengan judul “Sang Punggawa Laut Sumbawa”, Harsa dan Farhan menerima penghargaan tersebut di Jakarta. Film dokumenter tersebut menceritakan seorang Punggawa (kapten) Bagang (kapal penangkap ikan) yang ada di Sumbawa dan kehidupannya bersama perkembangan teknologi digital yang mampu memberikan pengaruh terhadap hasil tangkapan seorang nelayan tradisional di pesisir lautan Sumbawa. Kemudian dengan teknologi tersebutlah yang digunakan sebagai media yang mampu menyatukan sebuah keluarga yang terpisah karena masalah ekonomi yang kerap di alami oleh masyarakat pesisir.

Harsa dan Farhan mengakui bahwa mengikuti ajang film bergengsi tersebut bertujuan untuk memperkenalkan Sumbawa kepada Indonesia. “ Sumbawa adalah daerah yang kaya dengan cerita, hal itulah yang menjadi motivasi kami untuk mengikuti Eagle Award dengan sungguh-sungguh. Selain juga mencoba untuk bisa lebih mendalami dunia film dokumenter dan belajar lebih banyak lagi tentang itu,” tutur Harsa.

Setelah melalui proses penyisihan hingga menjadi finalis 5 besar, Harsa dan Farhan melakukan tahapan yang panjang untuk menghasilkan sebuah karya film. Proses syuting dilakukan di Labuhan Sangoro Kecamatan Maronge Kabupaten Sumbawa dengan tokoh utama adalah nelayan asli Labuhan Sangoro. “Dalam proses syuting kami juga mengajak salah satu adik tingkat kami di Ilkom UTS yaitu Nabil, serta mentor kameramen kami mas Anton Susilo. Kemudian supervisor kami yaitu Mas Wisnu Dwi Prasetyo, mentor Editor Supriyadi serta Pak Haren sebagai narasumber utama serta kru Bagangnya,” ungkap Harsa mendiskripsikan proses karyanya tersebut.

Setelah melakukan coaching online dan proses syuting, Harsa dan Farhan melakukan proses editing, pembuatan trailer dan finishing hingga karya tersebut rampung untuk di kompetisikan. Berhasil menjadi juara 2 setelah bersaing di lima besar dengan tim yang berasal dari Gorontalo, Kalimantan Utara, Depok, dan Banten mewujudkan mimpi Harsa dan Farhan. “Kami ingin ikut Eagle Award karena menurut kami ini menjadi salah satu pintu untuk kami bisa terjun di dunia dokumenter. Setelah keluar dari EAGLE kami berharap bisa terus membuat karya-karya yang bermanfaat,” katanya.

Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph.D menyampaikan apresiasinya kepada Elang Muda UTS Harsa dan Farhan. Prestasi mereka sangat menginspirasi. Setiap mahasiswa pasti punya passion nya masing-masing. Ada yang memang suka belajar, ada yang suka mengeksekusi ide, ada yang suka meneliti dan bereksperimen dan sebagainya. “Seperti halnya Harsa dan Farhan, mereka menunjukan passion mereka dibidang film, mereka dalami dan sungguh-sungguh, akhirnya buah manis mereka petik berhasil menjadi juara di kompetisi nasional EADC 2022 ini. Semoga prestasi ini menjadi penyemangat juga untuk para mahasiswa lainnya, bahwa passion kamu adalah jalan aktualisasi diri yang nyata,” pungkas Rektor. (arn)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur...

0
Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat infrastruktur kepengurusan dan jaringan di berbagai wilayah Indonesia menuju Pemilu 2024.Hal ini ditandai dengan dilantiknya...

Latest Posts

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur Partai Guna Raih Double Digit

Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat...

Aruna Senggigi Gelar Malam Apresiasi Pelanggan 2023

Giri Menang (Suara NTB) – Aruna Senggigi Resort &...

Tekan PMK, Pemprov NTB Targetkan 1,4 Juta Ternak Divaksin Tahun 2023 

Selong (suarantb.com)– Dalam rangka pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku...

Beri Pengalaman di Dunia Kerja, BRI Buka Program Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA)

Jakarta (suarantb.com)– Peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia dalam...

Mahasiswa KKN Unram Latih Warga Buat Kerupuk Berbahan Pisang

Mataram (Suara NTB) – Dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat...