Kunjungi TPA Kebon Kongok, Wagub Serukan Pentingnya Pemilahan Sampah

Lombok Barat (Suara NTB) – Sebelum sampah dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA), harus diperhatikan proses pemilahannya, baik sampah non organik maupun organik. Hal itu untuk mengurangi intensitas sampah yang masuk dan meminimalisir terjadinya timbulnya tumpukan sampah yang banyak.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah saat mengunjungi tempat pembuangan akhir (TPA) Kebon Kongok di Desa Sukamakmur, Kecamatan Gerung, Lombok Barat, Kamis, 1 Desember 2022.

Ummi Rohmi sapaan akrab Wagub NTB meminta kepada pengurus TPA Kebon Kongok untuk memperhatikan pemilahan sampah secara berkala. Pemilihan sampah dari hilir menjadi faktor penting untuk mengurangi jumlah sampah yang masuk.

“Kalau semua sampah diterima maka akan sulit untuk melakukan pemilahan, itu akan membuat sampah cepat numpuk,” tegas Ummi Rohmi.

Untuk itu, Ummi Rohmi berharap bahwa pemilahan sampah harus diperhatikan dengan baik, karena ini menyangkut TPA dan kenyamanan masyarakat sekitar untuk ke depannya.

Sementara itu, Kepala TPA Regional Kebon Kongok Kabupaten Lombok Barat, Radyus Ramli menjelaskan pemilahan sampah masih terus dimaksimalkan sembari menunggu penyelesaian pembangunan infrastruktur pengelolaan sampah dengan memanfaatkan teknologi refuse derived fuel (RDF) dari kementerian PUPR.

“Kami akan terus semaksimal mungkin untuk pengolahan dan pemilahan sampah” katanya.

RDF merupakan teknologi pengolahan sampah melalui proses homogenizers menjadi ukuran lebih kecil melalui pencacahan sampah atau dibentuk menjadi pelet. Hasilnya, akan dimanfaatkan sebagai sumber energi terbarukan dalam proses pembakaran recovaring batu bara untuk pembangkit tenaga listrik.

Dalam kunjungan tersebut, Ummi Rohmi didampingi kepala Dinas Kominfotik NTB, Baiq Nelly Yuniarti, Kepala Dinas Kepala DPMPD Dukcapil Provinsi NTB Ahmad Nur Aulia dan Asisten III Setda NTB dr Hj Nurhandini Eka Dewi. (r)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur...

0
Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat infrastruktur kepengurusan dan jaringan di berbagai wilayah Indonesia menuju Pemilu 2024.Hal ini ditandai dengan dilantiknya...

Latest Posts

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur Partai Guna Raih Double Digit

Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat...

Aruna Senggigi Gelar Malam Apresiasi Pelanggan 2023

Giri Menang (Suara NTB) – Aruna Senggigi Resort &...

Tekan PMK, Pemprov NTB Targetkan 1,4 Juta Ternak Divaksin Tahun 2023 

Selong (suarantb.com)– Dalam rangka pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku...

Beri Pengalaman di Dunia Kerja, BRI Buka Program Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA)

Jakarta (suarantb.com)– Peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia dalam...

Mahasiswa KKN Unram Latih Warga Buat Kerupuk Berbahan Pisang

Mataram (Suara NTB) – Dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat...