Kepala Ombudsman Perwakilan NTB Dilantik

Mataram (Suara NTB) – Kepala Ombudsman RI Perwakilan NTB, Dwi Sudarsono resmi dilantik di Gedung Ombudsman RI Jakarta, Kamis, 1 Desember 2022. Ia adalah pimpinan kedua yang mengisi sejarah lahirnya Ombudsman di NTB setelah sebelumnya dijabat oleh Dr. Adhar Hakim yang memiliki latar belakang jurnalis.

Asisten Ombudsman RI Perwakilan NTB, M. Rosyid Rido mengataan, Dwi Sudarsono dilantik oleh Kepala Ombudsman RI bersama dengan sejumlah Kepala Ombudsman Provinsi lainnya di Indonesia.

Dwi Sudarsono adalah figur Kepala Ombudsman yang latar belakangnya tidak pernah lepas dari organisasi soal kemasyarakatan. Ia adalah aktivis lingkungan di Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) NTB, bahkan melekat hingga kini karena posisinya sebagai  Anggota Dewan Nasional Walhi hingga 2025 mendatang.

Di luar dunia pergerakan bidang lingkungan, Dwi Sudarsono adalah pejuang Hak Asasi Manusia (HAM) dengan melakukan advokasi isu – isu buruh migran, pertambangan hingga isu perubahan iklim.

Paling menonjol gerakan advokasi buruh migran hingga bantuan hukum gratis kepada masyarakat miskin ketika Dwi Sudarsono bergabung di Koslata, menjadi Ketua di LBH Reform dan Direktur di Yayasan Samanta.

Saat di LBH, ia menyediakan layanan bantuan hukum bagi warga miskin melalui upaya litigasi dan non litigasi. Ia juga menyediakan pendampingan hukum gratis di pengadilan dan konsultasi hukum gratis bagi keluarga miskin melalui Program Organisasi Bantuan Hukum (OBH).

Dwi Sudarsono setidaknya memiliki tiga agenda prioritas yang akan dilaksanakan di Ombudsman NTB seperti menyelesaikan laporan dan pengaduan kasus-kasus, serta membereskan masalah masalah maladministrasi. Selanjutnya memastikan pelaksanaan rekomendasi Kantor Perwakilan Ombudsman NTB yang belum dijalankan oleh penyelenggara atau pelaksana pelayanan publik. Tak lupa, ia akan berkoordinasi dengan pimpinan daerah dan institusi lainnya, seperti Gubernur NTB, Polda NTB, Kejaksaan Tinggi NTB dan Pengadilan Tinggi NTB. (ris)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur...

0
Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat infrastruktur kepengurusan dan jaringan di berbagai wilayah Indonesia menuju Pemilu 2024.Hal ini ditandai dengan dilantiknya...

Latest Posts

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur Partai Guna Raih Double Digit

Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat...

Aruna Senggigi Gelar Malam Apresiasi Pelanggan 2023

Giri Menang (Suara NTB) – Aruna Senggigi Resort &...

Tekan PMK, Pemprov NTB Targetkan 1,4 Juta Ternak Divaksin Tahun 2023 

Selong (suarantb.com)– Dalam rangka pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku...

Beri Pengalaman di Dunia Kerja, BRI Buka Program Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA)

Jakarta (suarantb.com)– Peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia dalam...

Mahasiswa KKN Unram Latih Warga Buat Kerupuk Berbahan Pisang

Mataram (Suara NTB) – Dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat...