ITDC Siap Sanding Data Pekan Depan dengan Pemilik Lahan

Praya (Suara NTB) – PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menegaskan kesiapannya untuk melakukan sanding data dengan warga pengklaim lahan kawasan The Mandalika, pekan depan. ITDC pun sudah bersurat ke Pemprov NTB untuk meminta supaya pertemuan mediasi dan sanding data bisa digelar pada 6 sampai 8 Desember 2022 mendatang.

Hal itu ditegaskan General Manager The Mandalika, Bram Subiandoro kepada Suara NTB, Kamis, 1 Desember 2022. “Kami memohon perkenan Pak Gubernur NTB untuk menentukan waktu (mediasi antara tanggal 6-8 Desember 2022) dan menyampaikan undangan ke kami,” terang Bram.

Sejauh ini pihaknya tengah menyiapkan data-data pendukung yang diperlukan untuk proses sanding data dengan warga pengklaim lahan kawasan The Mandalika. Dan, siap mengikuti semua proses serta tahapan mediasi. “Terkait mediasi dan sanding data, kami siap dengan data pendukung,” tegasnya.

Dikatakannya, pihak ITDC sendiri sejauh ini sudah menerima dokumen-dokumen serta data yang diserahkan oleh warga melalui Biro Hukum Pemprov NTB. Proses pengecekan internal terhadap dokumen-dokumen tersebut saat ini tengah berlangsung di ITDC. Namun pada prinsipnya pihak ITDC bersedia melakukan verifikasi dengan pihak pengklaim serta meminta pada forum itu nantinya dihadiri anggota Forkompinda NTB maupun Lombok Tengah (Loteng).

Sebelumnya, Kepala Biro Hukum Pemprov. NTB, Lalu Rudy Gunawan, mengungkapkan total ada 80 orang yang mengajukan data dan dokumne klain lahan kawasan The Mandalika. Data dan dokumen tersebut pun sudah dikomunikasikan dengan pihak ITDC selaku pengelola kawasan The Mandalika.

Semula pertemuaan mediasi dan sanding data direncanakan digelar paling lambat 3 Desember 2022. Namun mengingat banyaknya warga yang mengajukan data dan dokumen klaim, rencana pertemuan atau mediasi antara ITDC dengan warga untuk melakukan sanding data lahan mundur. Karena pihak ITDC mengaku butuh waktu lebih lama untuk mempersiapkan data sandingan sesuai yang diajukan oleh warga.

Pemprov NTB sendiri tegasnya, sudah berupaya maksimal berkoordinasi dan berkomunikasi dengan ITDC. Guna memastikan waktu pelaksanaan pertemuan dan mediasi dengan warga untuk proses sanding data. Tetapi semua kembali lagi kepada kesiapan pihak ITDC. Karena pihak ITDC juga butuh waktu untuk mempersiapkan data yang akan disandingkan dengan data milik warga.

“Selaku mediator atau fasilitator kita sudah berusaha maksimal. Tapi kita tidak bisa juga memaksakan kesiapan dari ITDC,” tegasnya. Untuk itu, warga diharapkan bisa bersabar. Yang jelas, proses pertemuan dan mediasi tetap diupayakan secepatnya bisa terlaksana.

Juru bicara Tim Perjuangan Lahan KEK Mandalika, M. Samsul Qomar menambahkan, proses sanding data tersebut sudah cukup lama dinanti oleh warga. Sebagai salah satu wadah bagi warga untuk mencari keadilan dan kebenaran terkait status lahan di kawasan The Mandalika. “Proses sanding data ini adalah sebuah proses penantian panjang puluhan tahun warga pemilik lahan di dalam maupun di lingkar kawasan The Mandalika,” tandasnya.(kir)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur...

0
Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat infrastruktur kepengurusan dan jaringan di berbagai wilayah Indonesia menuju Pemilu 2024.Hal ini ditandai dengan dilantiknya...

Latest Posts

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur Partai Guna Raih Double Digit

Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat...

Aruna Senggigi Gelar Malam Apresiasi Pelanggan 2023

Giri Menang (Suara NTB) – Aruna Senggigi Resort &...

Tekan PMK, Pemprov NTB Targetkan 1,4 Juta Ternak Divaksin Tahun 2023 

Selong (suarantb.com)– Dalam rangka pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku...

Beri Pengalaman di Dunia Kerja, BRI Buka Program Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA)

Jakarta (suarantb.com)– Peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia dalam...

Mahasiswa KKN Unram Latih Warga Buat Kerupuk Berbahan Pisang

Mataram (Suara NTB) – Dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat...