Empat Tahun Terakhir, 25 PMI Asal Kabupaten Bima Meninggal saat Bekerja di Negara Penempatan

Bima (Suara NTB) – Sebanyak 25 pekerja migran indonesia (PMI) asal Kabupaten Bima tercatat meninggal dunia saat bekerja di negara penempatan. Data yang tercatat oleh Disnakertrans Kabupaten Bima ini  terhitung dalam 4 tahun terakhir.

Kabid Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Kabupaten Bima, Ruvaidah SE mengaku dalam 4 tahun terakhir, tercatat ada 25 kasus kematian PMI asal Kabupaten Bima yang terjadi di luar negeri.

“Sejak tahun 2019 hingga 2022, ada 25 PMI asal Kabupaten Bima yang meninggal dunia di negara penempatan,” katanya, Kamis, 1 Desember 2022.

Ia menyebutkan rinciannya, pada tahun 2019 ada 4 orang, sedangkan tahun 2020 ada 6 orang. Kemudian tahun 2021, PMI yang meninggal dunia sebanyak 10 orang. Sementara tahun 2022 hanya ada 5 orang. Untuk penyebabnya rata-rata karena sakit.

“Sebagian besar PMI yang meninggal ini karena sakit serta bekerja di sektor perkebunan kelapa sawit di negara Malaysia,” katanya.

Sesuai dengan data, lanjut Ruvaidah mengaku, sebagian besar PMI yang meninggal dunia tersebut diberangkatkan secara Ilegal atau non prosedural. Kebanyakan tidak memiliki dokumen yang resmi, sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku.

“Dari 25 PMI yang meninggal ini, hanya satu orang yang berangkat secara resmi dan sesuai  prosedural tujuan Taiwan. Yang bersangkutan dilaporkan meninggal di Taiwan karena gantung diri,” katanya.

Meski banyak yang diberangkatkan secara Ilegal, namun, jasad 25 PMI yang meninggal itu tetap dipulangkan kembali ke Indonesia. Bahkan semuanya dikuburkan ke kampung halamannya masing-masing tanpa ada kendala.

“Tidak ada seorang pun yang dikuburkan ke luar negeri. Semuanya kita pulangkan untuk dikuburkan ke kampung halamannya masing-masing,” pungkasnya. (uki)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

NTB Gencarkan Pengembangan Padi Inpari Nutri Zinc untuk Turunkan Angka Stunting

0
Mataram (Suara NTB) – Kementerian Pertanian telah berhasil memproduksi varietas Padi Inpari Nutri Zinc. Varietas tersebut kaya nutrisi sehingga diharapkan dapat mencegah dan menurunkan...

Latest Posts

NTB Gencarkan Pengembangan Padi Inpari Nutri Zinc untuk Turunkan Angka Stunting

Mataram (Suara NTB) – Kementerian Pertanian telah berhasil memproduksi...

Sidang Desa Jero Gunung, Kades Akui Tanda Tangan Dipalsukan

Mataram (Suara NTB)- Kepala Desa (Kades) Jero Gunung, Amrullah...

100 KK di Ntobo Kota Bima Belum Tersentuh Jaringan Internet

Kota Bima (Suara NTB) - Kurang lebih sebanyak 100...

Desa Gemilang Informasi Publik, Ikhtiar Wujudkan Keterbukaan Informasi Publik hingga Tingkat Desa

Mataram (Suara NTB)- Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik...

Dinas LHK NTB Apresiasi Keberhasilan Desa Semparu Terkait Tata Kelola Sampah

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB melalui...