Dampak KEK Mandalika, Investasi Pemerintah Pusat di NTB Tembus Rp8 Triliun

Praya (Suara NTB) – Keberadaan kawasan The Mandalika dengan event MotoGP dan World Superbike (WSBK) di dalamnya diakui telah banyak membawa dampak positif bagi pembangunan di NTB, khususnys Pulau Lombok. Perhatian besar juga diberikan oleh pemerintah pusat dalam mendukung pengembangan kawasan The Mandalika.

Jika ditotal pemerintah pusat setidaknya sudah menginvestasikan anggaran mencapai hingga Rp 8 triliun untuk membangun berbagai fasilitas pendukung pengembangan kawasan The Mandalika. Mulai dari pembangunan by pass, pengembangan Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM), pengembangan pelabuhan laut hingga pembangunan sarana hunian wisata (sarhunta). ‘’Besarnya perhatian pemerintah pusat ini tidak lepas dari keberadaan kawasan The Mandalika. Yang mungkin tidak diperoleh provinsi lain,’’ ungkap Vice President Site Operation The Mandalika, I Made Pari Wijaya, di Mataram, Kamis, 1 Desember 2022.

Berbicara pada acara Forum Komunikasi Kehumasan Poltekpar Lombok, Pari Wijaya mengatakan, pengembangan kawasan The Mandalika sendiri saat ini masih terus berjalan. Dengan progress pengembangan sudah mencapai 55 persen. Dan, ditargetkan bisa tuntas pada tahun 2024 mendatang.

Kawasan The Mandalika sendiri diharapkan bisa menjadi kawasan pariwisata terintegritas. Yang tentunya bisa memberi dampak positif bagi pembangunan di daerah ini. Sekaligus menjadi episetrum pertumbuhan ekonomi NTB bahkan Indonesia kedepanya.

“Bicara investasi di dalam kawasan The Mandalika sendiri, saat ini ITDC selaku pengelola kawasan The Mandalika sudah menjalani komitmen investasi dengan 16 investor,” tambahnya. Investor-investor tersebut ada yang sudah selesai membangun dan saat ini sudah mulai operasi. Ada yang masih tahap kontruksi. Ada juga yang baru proses izin serta penyusunan desain rencana investasi.

Masuknya investor-investor tersebut diharapkan bisa menjadi pemantik masuknya investor baru ke  kawasan The Mandalika. Sehingga ke depan kawasan The Mandalika bisa benar-benar menjadi destinasi wisata dunia andalan Indonesia.

Guna mendukung pengembangan kawasan The Mandalika tersebut, ITDC juga sudah menyiapkan sejumlah event. Dengan empat event utama di tahun 2023 mendatang. Mulai dari WSBK di bulan Maret, Shell Eco-marathon di bulan Juni serta MotoGP di bulan Oktober. ‘’Target kita ke depan, setidaknya setiap 1,5 bulan ada event di kawasan The Mandalika. Ini semua untuk menyemarakkan kawasan The Mandalika. Sebagai destinasi wisata andalan Indonesia,” tandasnya.

Tinggal sekarang bagaimana dukungan dari seluruh elemen masyarakat dan pemerintah di daerah ini. Supaya proses pengembangan kawasan The Mandalika bisa berjalan lancar. Event-event yang ada digelar di dalamnya juga bisa berlangsung sukses. Dan, pada akhirnya akan memberi pengaruh positif bagi masyarakat di daerah ini. (kir)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur...

0
Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat infrastruktur kepengurusan dan jaringan di berbagai wilayah Indonesia menuju Pemilu 2024.Hal ini ditandai dengan dilantiknya...

Latest Posts

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur Partai Guna Raih Double Digit

Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat...

Aruna Senggigi Gelar Malam Apresiasi Pelanggan 2023

Giri Menang (Suara NTB) – Aruna Senggigi Resort &...

Tekan PMK, Pemprov NTB Targetkan 1,4 Juta Ternak Divaksin Tahun 2023 

Selong (suarantb.com)– Dalam rangka pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku...

Beri Pengalaman di Dunia Kerja, BRI Buka Program Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA)

Jakarta (suarantb.com)– Peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia dalam...

Mahasiswa KKN Unram Latih Warga Buat Kerupuk Berbahan Pisang

Mataram (Suara NTB) – Dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat...