Tinggi, Kasus Kebakaran di KLU

Tanjung (Suara NTB) – Kasus kebakaran di Kabupaten Lombok Utara (KLU) tergolong tinggi. Dalam 3 tahun terakhir sejak 2020 – 2022, tercatat kasus kebakaran mencapai 200 kejadian, masing-masing 108 kasus 2020, 56 kasus 2021 dan 36 kasus di tahun 2022.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Damkar KLU, H. Suhardi, S.KM., di sela-sela pembentukan Forum Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran di Dusun Gili Air, Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Rabu, 30 November 2022.

“Kejadian kebakaran di Lombok Utara mengalami penurunan setiap tahun. Sedangkan kasus kebakaran khusus untuk kawasan Gili Trawangan, Meno dan Air, sejak tahun 2020 sampai 2022 ini terdapat 3 kejadian kebakaran,” ucap Suhardi.

Mencermati kasus tersebut, ia mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap faktor yang bisa memicu terjadinya kebakaran. Demikian pula, dalam hal penanganan kebakaran, dibutuhkan peran aktif semua pihak melalui keberadaan lembaga atau forum pencegahan dan penanganan.

Dinas Damkar Lombok Utara sendiri, sebut dia, cukup terbuka untuk melayani masyarakat. Pos Damkar sudah dibuka di 4 titik, yaitu Bayan, Kayangan, Pemenang dan Tanjung.

“Dinas juga mendukung peningkatan kapasitas relawan pemadam kebakaran yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan melatih para relawan untuk pencegahan dan penanggulangan kebakaran,” tandasnya.

Sementara, Bupati Lombok Utara, H. Djohan Sjamsu, SH., yang hadir dalam pembentukan forum sekaligus menyerahkan bantuan prasarana pemadam kebakaran untuk Desa Gili Indah, mengatakan kondisi geografis KLU yang terdiri dari pulau dan daratan serta didasari keterbatasan dalam pencegahan dan penanganan kebakaran, mendorong partisipasi aktif masyarakat khususnya di desa-desa.

Setidaknya, pemerintah daerah melalui Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan KLU, dapat berkoordinasi lebih cepat dalam penanganan kejadian.

“Saya mengapresiasi telah terbentuknya para relawan pemadam kebakaran di 43 desa. Keberadaan masing-masing 2 orang relawan di tiap desa, mendorong cepat tanggapnya penanganan kejadian,” ujar Djohan.

Khusus relawan di Desa Gili Indah sendiri, Djohan menilai keberadaan forum sangat strategis untuk membantu keterjangkauan petugas pemadam. Kendati demikian, sebaran wilayah darat Gili yang terpisah oleh laut menjadi kendala dalam proses percepatan penanganan kejadian kebakaran.

Peningkatan kapasitas relawan pemadam kebakaran dihajatkan agar para relawan semakin terampil dan terlatih dalam melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran di kawasan Gili Tramena.

“Adanya Forum Pencegahan Penanggulangan Kebakaran menjadi sangat penting sebagai wadah menjalin koordinasi, menyatukan persepsi dan distribusi peran stakeholder terkait secara kolektif untuk pencegahan dan penanggulangan kebakaran,” kata Djohan.

Ia berharap, partisipasi aktif masyarakat, relawan, pengusaha, pemerintah dan para pihak terkait lainnya, dapat menekan angka kasus setiap tahunnya. Lebih penting lagi, setiap kejadian ditanggulangi dengan lebih cepat.

“Saya mengajak semua pihak untuk selalu mengedukasi masyarakat melakukan langkah-langkah preventif untuk meredam potensi terjadinya kebakaran di daerah khusus di kawasan ketiga gili,” demikian Djohan.

Untuk diketahui, pada kegiatan tersebut Bupati menyerahkan bantuan sarana dan prasarana pemadam kebakaran berupa 3 unit mesin pompa portable, 9 rol selang 2,5 inch, 9 rol selang 1,5 inch, 8 unit fire jaket, 6 unit sepatu safety, serta 6 unit helm kepada Pemdes Gili Indah. (ari)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Tingkatkan Kompetensi Sales People, AHM Gelar Mash Up Community Contest

0
Mataram (suarantb.com)-Meningkatnya penjualan sepeda motor Honda yang disertai juga dengan banyaknya komunitas-komunitas sepeda motor yang terus berkembang, menjadikan sales people sebagai garda terdepan bisnis...

Latest Posts

Tingkatkan Kompetensi Sales People, AHM Gelar Mash Up Community Contest

Mataram (suarantb.com)-Meningkatnya penjualan sepeda motor Honda yang disertai juga...

PLN Siapkan Kembali Suplai Listrik Berlapis untuk Gelaran WSBK 2023

Mataram (Ekbis NTB)-Perhelatan ajang internasional World Super Bike (WSBK)...

Selain Promo Besar-besaran, Ricky Smartphone Siapkan 1.000 Snack Sehat bagi Pengunjung

Mataram (Suara NTB)-Menyambut bulan kasih sayang, Ricky Smartphone di...

Dinas LHK NTB akan Buka Kembali Pos Pengamanan Hutan

Mataram (Suara NTB) – Setelah sempat vakum akibat Pandemi...

Pemkot Bima Naikkan Dana Bantuan Stimulan Jadi Rp750 Juta

Kota Bima (Suara NTB) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bima...