Siswi MAN 2 Mataram Lolos ke “Istanbul Youth Summit”

Mataram (Suara NTB) –  Siswa MAN 2 Mataram, Aisyah Nurfiani Maulani berhasil lolos seleksi ketat Istanbul-Youth Summit Collaboration in Diversity yang dikelola oleh sebuah lembaga yang bertugas menyeleksi generasi muda seluruh dunia untuk mengikuti simulasi sidang umum PBB.

Jumlah negara yang ikut kegiatan yakni 180 negara. Aisyah berdua dengan rekannya Amarylis Alusa sebagai wakil Indonesia dan madrasah seperti pendahulu-pendahulunya di MAN 2 Mataram. Acara internasional ini merupakan acara yang sangat bergengsi bagi generasi muda seluruh dunia. Acara ini selain harus memiliki kemampuan bahasa Inggris level advanced (fluently-sangat baik) juga dibutuhkan kemampuan debat dan negosiasi tingkat tinggi.

Pada acara tersebut, setiap peserta akan dibagi ke dalam beberapa council (perwakilan) dan akan mempresentasikan setiap topik yang diberikan. Ajang ini juga akan mempertemukan generasi muda dengan berbagai latar belakang yang memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengenal budaya masing-masing.

Di samping itu, Aisyah mengungkapkan jika ia memiliki kemampuan intelektual yang mengarahkannya untuk aktif dalam bidang diplomasi dan analisis yang baik. “Saya termotivasi untuk terus meningkatkan kemampuan intelektual melalui hal-hal baru dan menantang yang berkaitan dengan bidang keahlian, sehingga dapat menjadi bekal untuk membangun dan mengembangkan kualitas diri,” ujarnya.

Di MAN 2 Mataram, Aisyah kerap berkontribusi dalam berbagai diskusi yang relevan serta membangun relasi yang baik dengan rekan-rekannya maupun dengan guru-gurunya. Ia pun sering menjadi penghubung untuk guru dan rekan-rekannya dan membantu jalannya kegiatan. Caca, sapaan akrabnya, tergabung dalam Orsima (Organisasi Santri Madrasah) yang fokus menjunjung hubungan antar individu serta melatih kemampuan kepemimpinan.

Aisyah merupakan siswa berprestasi sejak duduk di bangku tsanawiyah. Ia juga rajin mengumpulkan medali dari berbagai event, baik nasional maupun internasional..

Saat ini Aisyah dan rekannya Amarilys Alusa sedang mempersiapkan diri mengikuti Istanbul Youth Summit Collaboration in Diversity pada tanggal 6-9 Februari 2023 yang akan datang. Gadis ini bercerita jika saat ini ia sedang memperdalam kemampuan bahasa Inggrisnya, terutama public speaking, debat dan kemampuan bernegosiasi. Menurutnya, ia akan bertemu dengan peserta dari 180 negara nanti, tentu kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris inilah yang diutamakan.

Istanbul Youth Summit ini merupakan program yang bertujuan untuk membangun semangat kepemimpinan generasi muda seluruh dunia dan menyiapkan calon-calon pemimpin masa depan yang mumpuni. Di samping itu juga untuk membentuk karakter yang berlandaskan pendekatan pendidikan yang fokus pada semangat nasionalisme dan memahami budaya-budaya lintas benua.

Acara ini bukan hanya sebagai ajang berkumpulnya kawula muda dari lima benua, namun juga sebagai ajang mereka untuk bisa berbagi tentang pengalaman bagaimana mereka bisa berbuat dan bermanfaat bagi masyarakat di sekitarnya nanti. Ini merupakan bekal mereka untuk ikut berprestasi membela negara masing-masing.

Kepala MAN 2 Mataram, Drs. H. Lalu Syauki MS, M.Pd., sangat antusias dan bahagia dengan capaian salah satu anak didiknya. Dengan berhasilnya Aisyah dalam event internasional ini, tercatat sudah 10 kali siswa MAN 2 Mataram ini tembus ke ajang Model United Nation (MUN) atau Asian Youth International Model United Nation (AYIMUN). Semoga ke depannya akan lebih banyak lagi siswa-siswa MAN 2 Mataram mengikuti senior-seniornya, tuturnya.

Pihaknya tak lupa mengucapkan selamat kepada siswa ini sekaligus berpesan agar mempersiapkan diri dengan maksimal dan tetap menjaga kesehatan.  “Sukses buat kalian. Dengan demikian, MAN 2 Mataram sebagai madrasah yang mandiri, menginspirasi dan mendunia bisa terwujud,” harapnya. (ron)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

NTB Gencarkan Pengembangan Padi Inpari Nutri Zinc untuk Turunkan Angka Stunting

0
Mataram (Suara NTB) – Kementerian Pertanian telah berhasil memproduksi varietas Padi Inpari Nutri Zinc. Varietas tersebut kaya nutrisi sehingga diharapkan dapat mencegah dan menurunkan...

Latest Posts

NTB Gencarkan Pengembangan Padi Inpari Nutri Zinc untuk Turunkan Angka Stunting

Mataram (Suara NTB) – Kementerian Pertanian telah berhasil memproduksi...

Sidang Desa Jero Gunung, Kades Akui Tanda Tangan Dipalsukan

Mataram (Suara NTB)- Kepala Desa (Kades) Jero Gunung, Amrullah...

100 KK di Ntobo Kota Bima Belum Tersentuh Jaringan Internet

Kota Bima (Suara NTB) - Kurang lebih sebanyak 100...

Desa Gemilang Informasi Publik, Ikhtiar Wujudkan Keterbukaan Informasi Publik hingga Tingkat Desa

Mataram (Suara NTB)- Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik...

Dinas LHK NTB Apresiasi Keberhasilan Desa Semparu Terkait Tata Kelola Sampah

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB melalui...