Pengawas Asal KSB Dinobatkan sebagai Pengawas Sekolah Terbaik Nasional

0

Mataram (Suara NTB) – Pengawas SMK Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Surya Jaya, S.T., M.Pd., dinobatkan sebagai Pengawas Sekolah Dikmensus Terbaik Tingkat Nasional tahun 2022 pada penganugerahan Apresiasi Pengawas Sekolah Inspiratif Tahun 2022 dalam rangka Hari Guru Nasional Tahun 2022.

Pencapaian tersebut tertuang pada SK Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan, tentang Peserta Terbaik, Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Inspiratif, tahun 2022.

“Saya persembahkan pencapaiaan ini untuk insan pendidikan khususnya Provinsi Nusa Tenggara Barat. Saya bertekad untuk terus bergerak dan menggerakkan ekosistem pendidikan demi kemajuan pendidikan yang ada di Nusa Tenggara Barat khususnya dan Indonesia,” ujar Surya Jaya.

Keberhasilan yang diraihnya dengan perjuangan yang ekstra dan melalui proses seleksi panjang dan sangat ketat. Mulai dari penilaian video dan naskah yang diikuti oleh ratusan peserta dari pengawas sekolah dari seluruh Indonesia, sehingga terpilih 30 peserta yang berhak mengikuti wawancara secara daring tentang kepemimpinan.

Setelah melalui proses wawancara daring terpilih 20 peserta terbaik yang berhak ke tahap berikutnya yaitu tahap presentasi dan wawancara secara luring. Dan akhirnya ia terpilih peserta terbaik pengawas sekolah inspiratif tingkat nasional tahun 2022.

Judul naskah dan video yang mengantarkan Surya Jaya sebagai pengawas inspiratif tahun 2022 yakni  Serasi dan Teknik Taring, strategi jitu pendampingan dan pembimbingan penerepan pembelajaran berdiferensiasi. Karya ini menggambarkan bagaimana pendampingan dan pembimbingan oleh pengawas sekolah dalam memastikan pembelajaran berdiferensiasi terjadi di sekolah.

Terhadap praktik baik tersebut, pengurus Ikatan Guru Indonesia (IGI) NTB ini akan terus dan konsisten dilakukan, sehingga semua sekolah menerapkan pembelajaran yang berpihak pada peserta didik.

“Bersyukur atas rahmat Allah SWT, terima kasih untuk kedua orang tua, keluarga, Dinas Dikbud Provinsi NTB, sekolah binaan SMKN 1 Taliwang yang selalu memberikan dukungan selama ini serta semua pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Ini akan menjadi motivasi ekstra untuk berbuat jauh lebih baik, demi kemajuan pendidikan. Semoga karya ini bisa menginspirasi semua orang, untuk Bersama-sama, berkolaborasi mewujudkan dan memastikan pembelajaran yang dilakukan berpihak pada peserta didik,” harapnya. (ron)