Museum Negeri NTB Gelar Pameran Wastra

0

Mataram (Suara NTB) – Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) NTB ke-64, Museum Negeri NTB menggelar Pameran Wastra NTB dengan tema Kemilau Wastra untuk NTB Gemilang.

Kepala Museum Negeri NTB Ahmad Nuralam, S.H., M.H., Rabu (30/11) menjelaskan pameran mulai dibuka Kamis, 1 Desember 2022 ini hingga tanggal tanggal 23 Desember mendatang.

Menurutnya, pameran ini merupakan sebuah upaya dari Museum Negeri NTB dalam membangkitkan ingatan masyarakat akan Hasanah budaya NTB berupa kain tenun atau wastra.

Melihat latar belakang sejarah, tambahnya, menenun merupakan budaya yang sudah turun menurun dikenalkan oleh para leluhur. Apalagi dalam sebuah kain tenun terdapat nilai-nilai kehidupan berupa rasa dan karsa penenun, sehingga keindahan warna dan motif kain tenun tersebut dapat diketahui melalui pameran yang digelar ini.

Pameran wastra ini akan dibuka oleh ketua tim penggerak PKK NTB Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah. “Tema yang diangkat dalam pameran ini adalah Kemilau Wastra untuk NTB Gemilang. Harapannya kita dapat menyaksikan bahwa perkembangan wastra di Nusa Tenggara Barat dapat menumbuhkan kebanggaan dan rasa memiliki, sehingga selanjutnya bermunculan penenun muda dan tenun NTB dapat terus lestari,” ujarnya.

Pada pameran kali ini, lanjutnya, Museum  Negeri NTB akan meluncurkan Sekardiyu Audio Guide (SEGA) yang merupakan inovasi dalam upaya digitalisasi koleksi museum sesuai dengan visi misi NTB, yakni kreatif, inovatif dan kolaboratif untuk museum digital.

“pada pameran ini sehingga merupakan QR code yang dapat mengkonversi deskripsi koleksi menjadi formasi audio yang menjelaskan tentang koleksi-koleksi Museum Negeri Nusa Tenggara Barat,” terangnya. (ham)