Inovasi Pemprov NTB, Mobil Edukasi Bencana dan Program Zero Waste Tarik Perhatian Tim Validasi IGA

Mataram (Suara NTB) – Ada ratusan inovasi yang dimiliki oleh Pemprov NTB dan sebagian diantaranya sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Pada saat kedatangan Tim Validasi Innovative Goverment Award (IGA) Kementerian Dalam Negeri Tahun 2022 di kantor Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) NTB, Senin, 29 November 2022, sejumlah inovasi telah menarik perhatian mereka, beberapa diantaranya adalah Mobil Edukasi Bencana dan inovasi yang berkaitan dengan Zero Waste.

Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB Dr. H. Ahsanul Khalik mengatakan, Mobil Edukasi Bencana ini fungsinya untuk memberikan edukasi bencana kepada masyarakat, sehingga mereka memahami jenis bencana yang ada di sekitarnya. Setelah memahami, masyarakat kemudian mengetahui apa yang harus dilakukan untuk mengurangi risiko dari bencana tersebut, sehingga bisa mengurangi korban jiwa dan korban material.

Wakil Gubernur NTB Hj. Sitti Rohmi Djalilah saat meninjau Mobil Edukasi Bencana.(Suara NTB/ist)

“Kondisi Indonesia sebagai wilayah yang rawan bencana, termasuk kita NTB, salah satu investasi masa depan, bahkan kita menyebut nya sebagai investasi peradaban adalah pengurangan risiko bencana melalui pemberian edukasi bencana kepada masyarakat, sehingga memahami jenis bencana yang ada di sekitarnya,” ujar Ahsanul Khalik.

Yang membuat makin instimewa inovasi Mobil Edukasi Bencana ini yaitu keberadaannya yang baru pertama kali di Indonesia. Bahkan Kementerian Sosial melalui Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam berkeinginan mengadopsinya  menjadi program di seluruh Indonesia.

Mobil Edukasi Bencana tidak hanya digunakan saat bencana atau yang terkait dengan kebencanaan. Namun pada kondisi tidak ada bencana, kendaraa ini bisa menjadi cafe yang bisa dijadikan tempat untuk berdiskusi tentang kebencanaan.

“Kendaraan ini kita sebut juga dengan Coffee Truck, dimana masyarakat bisa minum kopi dan kue produk lokal sepuasnya, lalu sambil nongkrong kita bicara tentang kebencanaan dan juga berbagai program pembangunan di bidang kesejahteraan. Disamping itu dilakukan juga sosialisasi tentang kesiapsiagaan bencana, dengan program yang kita sebut Tagana Masuk Sekolah dan juga Pembentukan Kampung Siaga Bencana,” kata Khalik.

Sementara terkait dengan inovasi di bidang program Zero Waste, Kabid Pengelolaan Sampah dan Pengendalian Pencemaran Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi NTB Firmansyah M.Si memberikan penjelasan kepada Tim Validasi IGA 2022. Menurutnya, NTB sedang berupaya menyelesaikan sampah mulai dari sumbernya.

“Pengelolaan smpah di NTB basisnya adalah sirkular ekonomi. Ini juga untuk mendukung Indonesia Net Zero Emissions di tahun 2060, namun NTB berupaya Net Zero Emissionsnya di 2050. Mudah-mudahan kita terus bisa berporses,” ujar Firmansyah.

Saat ini Pemprov NTB bekerjasama dengan PLN sedang dalam proses mengubah sampah menjadi RDF atau serbuk bahan bakar PLTU Jeranjang yang baru bisa menghasilkan 5 ton per bulan. Namun di tahun depan akan ditingkatkan kapasitasnya sampai 120 ton per hari setelah adanya mesin pengolahan sampah yang kini sedang dalam proses pembangunan di TPAR Kebon Kongok.

“Insya Allah di Maret 2023, NTB sudah akan punya pabrikasi RDF dengan kapsitas 120 ton sampah per hari,” ujarnya.

Salah satu inovasi yang sedang diupayakan segera hadir di NTB yaitu pabrik bata plastik dari daur ulang sampah (block solution) yang bekerjasama dengan investor dari Finlandia. Saat ini pabrik tersebut sedang dalam proses pembangunan yang lokasinya di belakang kantor Brida NTB.

Setelah tuntas pembangunan pabrik Block Solutions Lombok ini, maka masalah sampah plastik diharapkan akan selesai secara perlahan. Juga di saat yang bersamaan akan semakin banyak bangunan di NTB menggunakan block solution untuk mendukung konsep ekonomi sirkular.

Sedangkan terkait dengan pengelolaan sampah, melalui program NTB Zero Waste ini, jumlah sampah yang sudah bisa terkelola semakin banyak. Dari awalnya sekitar 20 persen di tahun 2019 menjadi lebih dari 50 persen sampah yang terkelola di tahun 2022 ini.

“Jika asumsinya sampah sekitar 1 juta ton per tahun, maka lebih dari 500 ribu ton sudah bisa terkelola,” ujarnya.(ris)  



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur...

0
Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat infrastruktur kepengurusan dan jaringan di berbagai wilayah Indonesia menuju Pemilu 2024.Hal ini ditandai dengan dilantiknya...

Latest Posts

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur Partai Guna Raih Double Digit

Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat...

Aruna Senggigi Gelar Malam Apresiasi Pelanggan 2023

Giri Menang (Suara NTB) – Aruna Senggigi Resort &...

Tekan PMK, Pemprov NTB Targetkan 1,4 Juta Ternak Divaksin Tahun 2023 

Selong (suarantb.com)– Dalam rangka pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku...

Beri Pengalaman di Dunia Kerja, BRI Buka Program Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA)

Jakarta (suarantb.com)– Peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia dalam...

Mahasiswa KKN Unram Latih Warga Buat Kerupuk Berbahan Pisang

Mataram (Suara NTB) – Dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat...