Guru Didorong Beradaptasi dengan Digitalisasi

Mataram (Suara NTB) – Tantangan guru saat ini yakni harus bisa beradaptasi dengan digitalisasi. Oleh karena itu guru didorong menggunakan teknologi digital dalam pembelajaran ke depan.

Ketua PGRI NTB, Yusuf mengatakan, salah satu tantangan guru saat ini, yaitu transformasi digital. “Penggunaan digital dalam pembelajaran akan kita dorong ke depan, di Dinas Pendidikan juga harus mengikuti perkembangan digital,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram ini.

Menurutnya, guru saat ini dituntut beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Apalagi saat ini semua aspek sudah digitalisasi. “Contohnya, kalau guru mau kenaikan pangkat atau kenaikan berkala cukup dari sekolah saja, tidak perlu ramai-ramai datang ke kantor dinas. Tanda tangan juga sudah digital,” ujarnya.

Menurut Yusuf, pembelajaran yang inovatif membutuhkan keterampilan teknologi informasi. Ia mengatakan, mengajar peserta didik bukan hanya teori saja. “Oleh karena itu pilihan kepada blended learning (pembelajaran campuran antara tatap muka dan daring) sangat perlu,” ujarnya.

Peringatan hari guru menjadi momentum bagi guru untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi pada era digital. Berbagai upaya peningkatan kapasitas dan profesionalitas perlu dilakukan oleh para guru.

Pihaknya mendorong pengurus PGRI kabupaten dan kota untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi guru di bidang digital. “Di era sekarang dan yang akan datang guru dituntut untuk melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan teknologi, hal ini merupakan kebutuhan di masa yang akan datang,” ujar Yusuf. (ron)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

NTB Gencarkan Pengembangan Padi Inpari Nutri Zinc untuk Turunkan Angka Stunting

0
Mataram (Suara NTB) – Kementerian Pertanian telah berhasil memproduksi varietas Padi Inpari Nutri Zinc. Varietas tersebut kaya nutrisi sehingga diharapkan dapat mencegah dan menurunkan...

Latest Posts

NTB Gencarkan Pengembangan Padi Inpari Nutri Zinc untuk Turunkan Angka Stunting

Mataram (Suara NTB) – Kementerian Pertanian telah berhasil memproduksi...

Sidang Desa Jero Gunung, Kades Akui Tanda Tangan Dipalsukan

Mataram (Suara NTB)- Kepala Desa (Kades) Jero Gunung, Amrullah...

100 KK di Ntobo Kota Bima Belum Tersentuh Jaringan Internet

Kota Bima (Suara NTB) - Kurang lebih sebanyak 100...

Desa Gemilang Informasi Publik, Ikhtiar Wujudkan Keterbukaan Informasi Publik hingga Tingkat Desa

Mataram (Suara NTB)- Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik...

Dinas LHK NTB Apresiasi Keberhasilan Desa Semparu Terkait Tata Kelola Sampah

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB melalui...