DPRD Berikan Banyak Catatan, Rp1,8 Triliun APBD Lobar Tahun 2023 Ditetapkan

Giri Menang (Suara NTB) – Total APBD Lombok Barat (Lobar) tahun 2023 mencapai Rp1,8 triliun lebih. Jumlah APBD ini meningkat dari APBD tahun ini (2022 red) Rp1,7 triliun lebih. APBD pun telah ditetapkan oleh legislatif bersama eksekutif melalui sidang paripurna, Rabu, 30 November 2022.

 Sidang paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Lobar, Hj. Nurhidayah yang dihadiri langsung Bupati Lobar H Fauzan Khalid bersama Wakil Ketua DPRD Hj.Nurul Adha, Wakil Ketua Imam Kafali, dan Ahmad Suparman. Hadir pula Penjabat Sekda, kepala OPD dan unsur terkait lainnya.

Juru Bicara Banggar dalam rangka Pembahasan RAPBD Kabupaten Lobartahun 2023, H. Abdul Majid menyampaikan gambaran umum yang ada pada RAPBD APBD Lobar Tahun Anggaran 2023, terdiri dari pendapatan daerah sebesar Rp1,8 triliun lebih. Jumlah itu terdiri dari PAD yang dianggarkan sebesar Rp367, 54 miliar lebih, Pendapatan Transfer dianggarkan sebesar Rp1,4 triliun lebih. Dan Lain-lain Pendapatan yang sah sebesar Rp3 miliar lebih. Kemudian belanja daerah pada APBD Tahun Anggaran 2023 dianggarkan sebesar Rp1,7 triliun lebih yang terdiri dari, belanja operasi yang dianggarkan sebesar Rp1,3 triliun lebih.

Belanja modal yang dianggarkan sebesar Rp179,8 miliar lebih. Belanja Tidak Terduga yang dianggarkan sebesar Rp7 miliar.Belanja Transfer yang dianggarkan sebesar Rp226,84 miliar lebih. Dan pembiayaan daerah terdiri dari, penerimaan pembiayaan daerah yang dianggarkan Rp300 juta.

Pengeluaran Pembiayaan Daerah yang dianggarkan sebesar Rp31,7 miliar. Sehingga jumlah target pendapatan sebesar Rp1,8  triliun lebih  Sedangkan jumlah belanja sebesar 1,7 triliun lebih, dengan demikian dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2023 mengalami surplus anggaran sebesar  Rp31,4 miliar lebih dan surplus tersebut akan digunakan untuk menutupi pembiayaan netto yang mengalami defisit sebesar Rp31,4 miliar lebih.

“Mencermati beberapa uraian di atas dan setelah melalui diskusi yang panjang baik di internal Dewan maupun pembahasan dengan eksekutif serta kesimpulan dari pendapat fraksi-fraksi dewan maka dapat disimpulkan semua fraksi menyatakan dapat menerima dan setuju terhadap RAPBD Tahun Anggaran 2023 ditetapkan menjadi Perda untuk selanjutnya  dilakukan Penandatanganan Kesepakatan bersama antara Pemda DPRD,”terang Abdul Majid.

Lebih lanjut dikatakan politisi PPP itu, Dewan memberikan  beberapa catatan terhadap Pemda untuk ditindaklanjuti. Di antaranya, dewan meminta Pemda agar komitmen yang sudah diputuskan dalam rapat legislatif bersama eksekutif dalam proses pembahasan RAPBD 2023 harus menjadi acuan program programyang akan dimasukkan ke dalam program APBD yang akan ditetapkan.

Perlu pematangan rencana anggaran dari KUA-PPAS sebelum pembahasan komisi dengan leading sector, sehingga tidak lagi ada nol anggaran di OPD dalam draf APBD. Dewan juga meminta Pemda lebih fokus ke program prioritas sektor riil di APBD Tahun 2023 sesuai paparan TAPD di pembahasan anggaran guna dapat mengendalikan inflasi daerah akibat krisis global yang berdampak luas.

 Pemda juga diminta meningkatkan sinergisitas, terutama kalangan TAPD dengan OPD, sehingga tercipta penyatuan persepsi terkait anggaran dan penentuan jenis program yang akan ditetapkan dalam APBD.

 Sementara itu Bupati Lobar H. Fauzan Khalid dalam kesempatan menyampaikan pembahasan Raperda RAPBD telah melalui berbagai macam dinamika. “Namun sudah bisa dirampungkan dalam satu pandangan dan komitmen yang sama, sehingga RAPBD ini ditetapkan menjadi Perda APBD,” jelas dia.

Untuk itu, dipastikan pengelolaan APBD di Lobar telah dilaksanakan sesuai ketentuan, kemudian kemanfaatannya bisa dikawal bersama untuk kesejahteraan masyarakat Lobar. (her)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur...

0
Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat infrastruktur kepengurusan dan jaringan di berbagai wilayah Indonesia menuju Pemilu 2024.Hal ini ditandai dengan dilantiknya...

Latest Posts

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur Partai Guna Raih Double Digit

Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat...

Aruna Senggigi Gelar Malam Apresiasi Pelanggan 2023

Giri Menang (Suara NTB) – Aruna Senggigi Resort &...

Tekan PMK, Pemprov NTB Targetkan 1,4 Juta Ternak Divaksin Tahun 2023 

Selong (suarantb.com)– Dalam rangka pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku...

Beri Pengalaman di Dunia Kerja, BRI Buka Program Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA)

Jakarta (suarantb.com)– Peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia dalam...

Mahasiswa KKN Unram Latih Warga Buat Kerupuk Berbahan Pisang

Mataram (Suara NTB) – Dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat...