Brida NTB Langganan Jadi Tujuan Studi Komparasi Serta Eduwisata Pelajar dan Mahasiswa

0

Mataram (Suara NTB) – Badan Riset dan Inovasi (Brida) Provinsi NTB semakin ramai menjadi tujuan studi komparasi serta kegiatan eduwisata para pelajar dan mahasiswa di daerah ini. Nyaris setiap hari, para pelajar dan mahasiswa dari sejumlah sekolah dan kampus di NTB melakukan kunjungan ke Perangkat Daerah yang paling baru ini.

Misalnya pada Rabu, 30 November 2022, Brida NTB menerima kunjungan dari SMK Kreatif Dompu. Sebanyak 11 siswi dan tiga guru pendamping hadir untuk mengikuti kegiatan Eduwisata.

Kepala Brida NTB, Dr. Ir. H. Amry Rakhman menerima kunjungan tim dari Sumbar.(Suara NTB/ist)

SMK Kreatif Dompu berdiri sejak tahun 2019 berawal dari kursus Bahasa Inggris yang dibayar dengan sampah. SMK Kreatif Dompu memiliki satu jurusan yaitu multimedia, dimana sampai tahun 2022 ini sudah menerima siswa angkatan ke empat. Sampai saat ini masih menggunakan program pendidikan berbasis sampah, dimana siswa membayar uang sekolah dengan sampah yang telah dipilah dari rumah.

Tujuan kunjungan kali ini ialah untuk belajar lebih jauh tentang Brida NTB dan harapannya dapat mendorong siswa berinovasi. Untuk menciptakan produk yang merupakan salah satu keunggulan dari SMK ini, siswa didorong untuk kretif dan mandiri dengan menciptakan produk seperti kompos padat dan cair, inovasi sekam, dan tas serta kreasi dari sampah plastik.

Kunjungan ini diterima oleh Kepala Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi (PRI), Lale Ira Amrita Sari, ST didampingi oleh Kepala Sub Bidang Eduwisata Keilmuwan dan Teknologi, Nurnianingsih, SE. Tidak jauh berbeda dengan kunjungan Eduwisata yang lain, Kepala Bidang PRI berkesempatan untuk memaparkan program serta tugas dan fungsi dari Brida NTB.

Kegiatan lalu dilanjutkan dengan mengkaji mesin-mesin inovasi, mencoba sepeda listrik dan mengunjungi tenant Brida NTB yaitu “Nikah Yuk” dan PT. BGL produsen maggot Ugotin dengan didampingi oleh Tim Bidang Kemitraan dan Inkubasi.

Sekretaris Brida NTB Retno Untari M. Kes mengatakan, selain melihat prototipe yang ada di Brida, para pelajar dan mahasiswa biasanya mengunjungi Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta mengunjungi tenant-tenant yang ada di kawasan Brida.

“Hampir setiap hari ada kunjungan, bahkan dalam sehari bisa dua hingga tiga kali kunjungan. Bahkan anak-anak TK melakukan kunjungan ke sini,” ujar Retno Untari kepada Suara NTB.

Ia mengatakan, sejumlah OPD dari luar daerah juga sering mengunjungi Brida dengan tujuan studi komparasi dan melihat dari dekat hasil inovasi teknologi yang sedang dikembangkan, seperti aneka permesinan, sepeda listrik dan lain sebagaianya. Bahkan beberapa diantaranya melakukan studi komparasi dengan tujuan untuk persiapan pembentukan Brida di daerah masing-masing.

Pemprov Sumbar Ingin Adopsi Beasiswa NTB

Sebelumnya pada Selasa 29 November 2022, Brida NTB menerima kunjungan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sumatera Barat (Sumbar), Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sumbar, Drs. Barlius, MM bersama tim mengunjungi Brida NTB untuk kunjungan studi mengenai Beasiswa NTB.

Beasiswa NTB merupakan Program Pemprov NTB di bawah Brida NTB yang memberikan kesempatan bagi putra putri NTB untuk dapat mengeyam pendidikan lebih tinggi sebagai bentuk Investasi Sumber Daya Manusia.

Kunjungan ini diterima langsung oleh Kepala Brida NTB, Dr. Ir. H. Amry Rakhman didampingi oleh Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya dan IPTEK, Ahmad Muslim S.Pd dan Direktur LPPNTB. Tujuan utama dari kunjungan ini ialah untuk mengkaji Program Beasiswa NTB dimulai dari proses pembentukan Beasiswa NTB, peran LPPNTB sebagai mitra dan regulasi serta proses pelaksanaan program Beasiswa sendiri.

Dalam kunjungan kali ini, Brida NTB memberikan pemaparan detail mengenai Brida NTB, LPPNTB, dan jenis serta proses dari Beasiswa NTB. Tidak hanya itu, program Rumah Bahasa juga menjadi program yang ingin digali lebih dalam oleh Dikbud Sumatera Barat.

“Pemaparan Brida NTB mengenai Beasiswa NTB ini sangat detail, mulai dari perencanaan, target sasaran, output dan manfaatnya sangat terukur, nantinya kami akan adopsi seluruh program Beasiswa NTB ini di Provinsi Sumatera Barat,” Drs. Barlius

Di akhir kunjungan ini Brida NTB khususnya Tim Beasiswa NTB bersedia untuk membantu Dikbud Sumatera Barat dengan menjadi jembatan dengan pihak Perguran Tinggi yang menjadi tujuan dari mahasiswa serta memberikan dokumen yang dibutuhkan untuk menjadi acuan dari pembentukan Beasiswa Sumatera Barat.(ris)