107 Ribu Sapi di Lombok Timur Telah Divaksin

Selong (Suara NTB) – Sebanyak 107 ribu dari asumsi jumlah populasi ternak sapi 125 ribu ekor telah divaksin di Kabupaten Lombok Timur (Lotim). Dari capaian tersebut, berarti sudah sebagian besar atau 87 persen sapi telah divaksin dosis pertama.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Kadisnakeswan) Lombok Timur H. Masyhur saat dikonfirmasi media di Selong, Rabu, 30 November 2022.

Menurutnya, jumlah populasi ternak sapi khususnya di Kabupaten Lotim ini disebut masih dalam proses pendataan.  Berdasarkan data tahun 2021, jumlah populasi ternak sapi di Lombok Timur sebanyak 162 ribu ekor. Jika mengacu pada data tahun 2021 ini, maka capain vaksin dosis pertama di Lotim 63 persen.

Sedangkan dosis kedua, sudah disuntikkan ke 92 ribu ekor sapi. Sampai saat ini Lombok Timur telah mendapatkan jatah vaksin sebanyak 220 ribu lebih. Jumlah vaksin yang telah terpakai baik untuk vaksin pertama maupun kedua sebanyak 198 ribu lebih.

Vaksinasi ini digencarkan agar ternak sapi tidak tertular dan terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK). Sejauh ini, Lotim memang sudah bebas dari penyakit tersebut. Kadisnakeswan Lotim ini mengklaim dari 10 Kabupaten/Kota di NTB, Lotim termasuk dari 5 kabupaten di NTB mendapatkan penghargaan sebagai salah satu kabupaten yang berhasil menangani PMK.

Meski diketahui sebagai daerah paling banyak terpapar PMK beberapa waktu lalu, namun kini Kabupaten Lotim dipastikan sudah aman. Aktivitas pasar hewan pun sudah kembali normal. Hanya saja, ternak yang diizinkan diperjualbelikan di Pasar ternak Masbagik sebagai pasar ternak terbesar di NTB  dari Pulau Lombok saja. Belum ada izin ternak sapi dari Pulau Sumbawa. (rus)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

NTB Gencarkan Pengembangan Padi Inpari Nutri Zinc untuk Turunkan Angka Stunting

0
Mataram (Suara NTB) – Kementerian Pertanian telah berhasil memproduksi varietas Padi Inpari Nutri Zinc. Varietas tersebut kaya nutrisi sehingga diharapkan dapat mencegah dan menurunkan...

Latest Posts

NTB Gencarkan Pengembangan Padi Inpari Nutri Zinc untuk Turunkan Angka Stunting

Mataram (Suara NTB) – Kementerian Pertanian telah berhasil memproduksi...

Sidang Desa Jero Gunung, Kades Akui Tanda Tangan Dipalsukan

Mataram (Suara NTB)- Kepala Desa (Kades) Jero Gunung, Amrullah...

100 KK di Ntobo Kota Bima Belum Tersentuh Jaringan Internet

Kota Bima (Suara NTB) - Kurang lebih sebanyak 100...

Desa Gemilang Informasi Publik, Ikhtiar Wujudkan Keterbukaan Informasi Publik hingga Tingkat Desa

Mataram (Suara NTB)- Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik...

Dinas LHK NTB Apresiasi Keberhasilan Desa Semparu Terkait Tata Kelola Sampah

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB melalui...