Warga Tuntut Perbaikan Jalan Wisata Endok Taman Ayu

Giri Menang (Suara NTB) – Warga Desa Taman Ayu kecamatan Gerung, Lombok Barat (Lobar) menuntut perbaikan jalan menuju kawasan wisata yang rusak parah akibat dilalui kendaraan bermuatan semen yang tonasenya melebihi kapasitas jalan kabupaten tersebut. Sebelumnya jalan itu sudah ditambal sulam, namun rusak lagi.

Pihak desa juga mengusulkan agar jalan itu dinaikkan statusnya menjadi jalan provinsi, mengingat akses itu menghubungkan ke sarana vital seperti PLTU Jeranjang. Pantauan koran ini, panjang jalan yang rusak diperkirakan lebih dari satu kilometer, saat mulai masuk dari wilayah perbatasan Desa Taman Ayu dan Kebon Ayu menuju ke arah Pantai Endok. Kondisi jalan berlubang dan berkubang di mana-mana. Dan di beberapa titik aspal jalan terlihat hancur. “Kami menuntut perbaikan jalan secara menyeluruh dilakukan Pemda, itu sesuai dengan hasil pertemuan kami dengan Pemda, pihak perusahaan,” kata Kades Taman Ayu, Tajudin, Senin, 28 November 2022.

Ditegaskan, kondisi jalan itu rusak akibat lalu lalang kendaraan bermuatan semen melebihi kapasitas jalan. Di satu sisi pihaknya tidak bisa melarang kendaraan itu, karena kegiatan usahanya di sana. Satu-satunya jalan, pemerintah harus memperbaiki jalan itu secara menyeluruh disesuaikan dengan muatan jalan.

Hal itu juga dibahas pada pertemuan difasilitasi oleh FLLAJ belum lama ini. Di mana pihak pemerintah bersama perusahaan semen itu bersedia membangun jalan itu. Namun yang baru dilakukan adalah tambal sulam. Sementara, penanganan itu tidak cukup. “Harus diperbaiki menyeluruh ini sesuaikan dengan kapasitas jalan,” tegas dia. Bagaimana tidak, kendaraan memuat semen hingga kapasitas 40 ton, sangat tidak sesuai dengan spesifikasi jalan sehingga itu memicu jalan cepat rusak. “Kami minta segera diperbaiki, apalagi ini musim hujan,” tegasnya.

Anggota DPRD Lobar dari Desa Taman Ayu, H. Lalu Muhammad Ismail mengatakan, kondisi jalan tersebut memang sudah lama rusak, kerusakan jalan  dipicu karena adanya angkutan semen yang setiap hari melintas, karena kekuatan jalan yang ada tidak mampu menahan beban berat semen yang diangkut setiap hari. “Karena aspal jalan yang sekarang, bukan untuk menahan beban angkutan semen yang beratnya puluhan ton, ” tegasnya. Politisi PDIP inipun meminta agar secepatnya dilakukan perbaikan jalan ini, karena ini akses jalan menuju Pantai Endok. “Kami minta agar segera dibangun jalan ini, agar tidak terlalu parah, karena ini akses jalan menuju pantai yang menunjang pariwisata di Pantai Endok,” katanya.

Jalan ini harus dibangun, agar bisa diperkuat dasar jalan ini, dan dibuatkan kembali talud jalan di sebelah kiri kanan jalan, sebab talud yang ada juga sudah banyak yang rusak. Kondisi inipun menjadi keluhan dari para petani atau pemilik sawah yang ada di pinggir jalan.Kedepan, jalan ini, harus diusulkan agar bisa naik kelas menjadi jalan Provinsi, sehingga untuk pembiayaan perawatan bisa diupayakan dari pihak pemerintah provinsi. “Nanti kita upayakan bisa naik menjadi jalan provinsi,” ujarnya.

Kepala Dinas PUPR Lombok Barat, I Made Arthadana mengatakan terkait keberadaan jalan ini, memang diakui rusak. Pihaknya juga sudah memanggil pihak perusahaan semen, saat pemanggilan kepada perusahaan diminta untuk melakukan perbaikan jalan tersebut. “Sudah dilakukan perbaikan,” ujarnya. Perhitungan pihaknya, dengan tonase muatan semen yang sangat berat, sudah ada perhitungannya, namun pihak pemkab berharap agar dilakukan perbaikan secara keseluruhan, daripada tambal sulam. (her)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

NTB Gencarkan Pengembangan Padi Inpari Nutri Zinc untuk Turunkan Angka Stunting

0
Mataram (Suara NTB) – Kementerian Pertanian telah berhasil memproduksi varietas Padi Inpari Nutri Zinc. Varietas tersebut kaya nutrisi sehingga diharapkan dapat mencegah dan menurunkan...

Latest Posts

NTB Gencarkan Pengembangan Padi Inpari Nutri Zinc untuk Turunkan Angka Stunting

Mataram (Suara NTB) – Kementerian Pertanian telah berhasil memproduksi...

Sidang Desa Jero Gunung, Kades Akui Tanda Tangan Dipalsukan

Mataram (Suara NTB)- Kepala Desa (Kades) Jero Gunung, Amrullah...

100 KK di Ntobo Kota Bima Belum Tersentuh Jaringan Internet

Kota Bima (Suara NTB) - Kurang lebih sebanyak 100...

Desa Gemilang Informasi Publik, Ikhtiar Wujudkan Keterbukaan Informasi Publik hingga Tingkat Desa

Mataram (Suara NTB)- Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik...

Dinas LHK NTB Apresiasi Keberhasilan Desa Semparu Terkait Tata Kelola Sampah

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB melalui...