Warga KEK Mandalika Serahkan Data, Pemprov NTB Segera Koordinasi dengan ITDC

Praya (Suara NTB) – Biro Hukum Setda  NTB telah menerima data dan dokumen klaim kepemilikan lahan kawasan The Mandalika dari warga lingkar kawasan The Mandalika, Senin 28 November 2022. Selanjutnya Pemprov NTB bakal segera berkoordinasi dengan PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), untuk menentukan waktu pelaksanaan mediasi guna melakukan sanding data antara ITDC dengan warga.

“Selesai penerimaan bukti-bukti dan data (dari warga) kita akan langsung koordinasikan dengan ITDC,” tegas Kepala Biro Hukum Setda  NTB, L. Rudy Gunawan, kepada Suara NTB, Senin 28 November 2022.

Tujuannya, supaya bisa segera diputuskan kapan proses mediasi bisa dilaksanakan. Karena dari hasil pertemuan sebelumnya dengan ITDC, mediasi untuk proses sanding data dengan diputuskan dilaksanakan paling lambat tanggal 3 Desember mendatang. “Itu yang akan kita dorong ke ITDC. Supaya pertemuan atau mediasi untuk sanding data dengan tidak sampai lewat dari tanggal 3 Desember 2022,” ujar Gunawan.

Terpisah, juru bicara Tim Perjuangan Lahan KEK Mandalika, M. Samsul Qomar mengatakan, pihaknya sudah menyelesaikan tugas dengan menyerahkan data dan dokumen kepemilikan lahan kawasan The Mandalika.Tinggal sekarang pihaknya menunggu undangan resmi dari pihak mediator atau yang berkompeten untuk menggelar pertemuan atau mediasi guna melakukan sanding data.

Sebagaimana yang dijanjikan oleh Pemprov NTB sebelumnya. “Karena tidak mungkin sanding data akan selesai dalam waktu satu atau dua hari, pasti akan lebih. Bisa empat atau lima hari. Untuk itu penting bagi kami dikirimin jadwal dan tahapannya,” terangnya.

Pihaknya pun berharap dengan adanya mediasi sanding data itu nantinya, persoalan lahan di kawasan The Mandalika yang sudah berlangsung puluhan tahun bisa tuntas. Karena warga sudah begitu lama menanti proses hukum. Supaya warga punya kepastian status soal lahan yang ada di dalam kawasan The Mandalika tersebut. (kir)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur...

0
Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat infrastruktur kepengurusan dan jaringan di berbagai wilayah Indonesia menuju Pemilu 2024.Hal ini ditandai dengan dilantiknya...

Latest Posts

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur Partai Guna Raih Double Digit

Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat...

Aruna Senggigi Gelar Malam Apresiasi Pelanggan 2023

Giri Menang (Suara NTB) – Aruna Senggigi Resort &...

Tekan PMK, Pemprov NTB Targetkan 1,4 Juta Ternak Divaksin Tahun 2023 

Selong (suarantb.com)– Dalam rangka pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku...

Beri Pengalaman di Dunia Kerja, BRI Buka Program Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA)

Jakarta (suarantb.com)– Peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia dalam...

Mahasiswa KKN Unram Latih Warga Buat Kerupuk Berbahan Pisang

Mataram (Suara NTB) – Dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat...