Jaksa Kembalikan Berkas Perkara Desa Dasan Anyar

Mataram (Suara NTB) – Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat, mengembalikan berkas perkara kasus dugaan korupsi dana Desa Dasan Anyar, Kecamatan Jereweh tahun 2018. Berkas perkara dengan tiga orang tersangka tersebut, (Kades, Konsultan, dan TPK) dikembalikan karena masih ada beberapa syarat formil dan materil yang belum dilengkapi.

“Kita sudah siapkan opsi P19 untuk berkas perkara tersebut, karena hasil penelitian yang kita lakukan masih banyak yang perlu dilengkapi,” kata Kasi Pidsus Kejari Sumbawa Barat, Lalu Irwan Suyadi, SH., MH, kemarin. Kasus yang merugikan Negara Rp140 juta menjadi atensi karena sudah menjadi tunggakan.

Diakuinya, hasil penelitian terhadap berkas perkara tersebut masih ada beberapa yang dianggap rancu. Salah satunya yakni jumlah kerugian negara yang timbul dalam perkara ini. Sebab di dalam berkas tersebut, anggaran senilai Rp100 juta merupakan pinjaman uang Kades ke bendahara sementara sisanya merupakan tanggung jawab konsultan dan TPK. “Kita masih ragu dengan kerugian negaranya, makanya kita minta diperjelas lagi,” tambahnya.

Sebelumnya, penyidik Satreskrim Polres Sumbawa Barat, mengaku telah melimpahkan berkas perkara kasus dugaan penyimpangan anggara Desa Dasan Anyar, Kecamatan Jereweh tahun 2018. Didalam berkas tersebut, penyidik menetapkan tiga orang tersangka yakni Kades, tim pelaksana kegiatan (TPK) dan konsultan pengawas. “Berkas perkaranya sudah kita limpahkan tinggal menunggu petunjuk dari Jaksa peneliti,” kata Kasat Reskrim Polres Sumbawa Barat AKP Hilmi Manossoh Prayugo, S. IK.

Saat ini pihaknya juga juga masih menunggu pengembalian berkas yang dilakukan oleh jaksa peneliti. Tentu yang akan menjadi petunjuk nantinya akan dilengkapi sehingga perkara ini bisa segera tuntas. Apalagi kasus ini sudah tertunggak sejak lama, sehingga harus diupayakan segera. “Kasusnya sudah menjadi tunggakan sejak lama, makanya kami tetap berupaya memenuhi petunjuk Jaksa sehingga kasusnya bisa segera tuntas,” pungkasnya. (ils)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur...

0
Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat infrastruktur kepengurusan dan jaringan di berbagai wilayah Indonesia menuju Pemilu 2024.Hal ini ditandai dengan dilantiknya...

Latest Posts

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur Partai Guna Raih Double Digit

Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat...

Aruna Senggigi Gelar Malam Apresiasi Pelanggan 2023

Giri Menang (Suara NTB) – Aruna Senggigi Resort &...

Tekan PMK, Pemprov NTB Targetkan 1,4 Juta Ternak Divaksin Tahun 2023 

Selong (suarantb.com)– Dalam rangka pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku...

Beri Pengalaman di Dunia Kerja, BRI Buka Program Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA)

Jakarta (suarantb.com)– Peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia dalam...

Mahasiswa KKN Unram Latih Warga Buat Kerupuk Berbahan Pisang

Mataram (Suara NTB) – Dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat...