Bupati Lobar Dorong Prestasi Qori-Qori’ah Ditingkatkan

Giri Menang (Suara NTB) – Bupati Lombok Barat (Lobar) H. Fauzan Khalid resmi membuka Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist (STQH) Ke-27 Tahun 2022, di halaman Kantor Camat Lembar, Minggu 27 November 2022. Dalam kesempatan membuka STQH, bupati  bersama anggota Forkopimda Lobar memukul gendang beleq tanda dimulainya pelaksanaan STQH Lobar tahun 2022.

Dalam sambutannya Bupati Lobar H. Fauzan Khalid menyebutkan ada dua perbedaan yang terlihat dari pelaksanaan  tahun STQH tahun ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.  Pertama, tema STQH ini adalah ‘Momentum STQH XXVII Tingkat Kabupaten Lombok Barat Tahun 2022 Kita Wujudkan Masyarakat Lombok Barat Yang Qur’ani, Moderat, Maju dan Religius’. ‘’Di situ ada kata moderat. Perbedaan yang kedua adalah bila sebelumnya hanya Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ), sekarang ada tambahan kata ‘Hadits’ sehingga menjadi STQH,’’ ujarnya.

Fauzan menjelaskan bahwa dirinya menggarisbawahi kata moderat. Menurutnya moderat artinya tengah-tengah.”Kita sering mendengar kata moderasi Islam, artinya Islam yang tidak keras, juga tidak lunak  dan proporsional dalam semua dimensi kehidupan,” tegasnya.

Lebih jauh Fauzan mengatakan perwujudan moderat dan pluralisme di STQH kali ini diwujudkan dengan hadirnya ribuan peserta pawai yang tidak hanya diikuti oleh peserta dan umat Muslim saja akan tetapi diikuti juga oleh masyarakat non Muslim.”Hendaknya kita selalu mendukung, menghargai, memotivasi dan memberi penghargaan kepada anak-anak kita yang belajar Al Qur’an, ” harapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia STQH Agus Gunawan menyampaikan, pelaksanaan STQH  berlangsung selama lima hari mulai tanggal 27 November – 1 Desember. Selanjutnya mereka yang memperoleh juara akan mengikuti STQH tingkat Provinsi NTB yang akan diselenggarakan di Kota Mataram.

Pelaksanaan STQH XXVII Tingkat Kabupaten Lombok Barat Tahun 2022 terdiri dari 4 cabang lomba, 20 golongan, 250 orang peserta dan masing-masing kecamatan mengirimkan 25 peserta. Adapun arena lokasi lomba dilaksanakan di empat lokasi, yakni halaman Kantor Camat Lembar, Masjid Lawang Kute, Masjid Padaku dan Masjid Lembar. “Dewan Hakam berjumlah 49 orang Dewan Hakam dan para peserta dan ofisial ditempatkan di rumah-rumah penduduk di Kecamatan Lembar,” pungkas ketua LPTQ Lobar ini. (her)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur...

0
Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat infrastruktur kepengurusan dan jaringan di berbagai wilayah Indonesia menuju Pemilu 2024.Hal ini ditandai dengan dilantiknya...

Latest Posts

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur Partai Guna Raih Double Digit

Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat...

Aruna Senggigi Gelar Malam Apresiasi Pelanggan 2023

Giri Menang (Suara NTB) – Aruna Senggigi Resort &...

Tekan PMK, Pemprov NTB Targetkan 1,4 Juta Ternak Divaksin Tahun 2023 

Selong (suarantb.com)– Dalam rangka pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku...

Beri Pengalaman di Dunia Kerja, BRI Buka Program Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA)

Jakarta (suarantb.com)– Peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia dalam...

Mahasiswa KKN Unram Latih Warga Buat Kerupuk Berbahan Pisang

Mataram (Suara NTB) – Dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat...