Kantor Bahasa NTB Jadi Narasumber Kuliah Umum di IPDN

Mataram (Suara NTB) – Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTB, Dr. Puji Retno Hardiningtyas, S.S., M.Hum., menjadi narasumber dalam kegiatan Kuliah Umum yang dilaksanakan oleh IPDN Kampus NTB di gedung auditorium IPDN Kampus NTB bagi 229 praja. Kuliah Umum tersebut bertemakan “Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar dalam Tata Naskah Dinas dan Penulisan Karya Tulis Ilmiah”.

Pada kegiatan ini, staf Analis Kata dan Istilah Kantor Bahasa Provinsi NTB, Kasman, M.Hum menjadi moderator yang memandu jalannya kegiatan. Pembukaan kegiatan dilakukan oleh Kepala Unit Laboratorium Bahasa dan Museum, Agussalim Mad Arab, M.Pd., yang mewakili Direktur IPDN Kampus NTB, Hj. Sri Hartati, M.P. Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan ilmu dan pemahaman kepada seluruh praja terkait pentingnya penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam penulisan Karya Tulis Ilmiah.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan tiga materi oleh Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTB sesuai dengan tema besar kegiatan, yaitu Bahasa Indonesia dalam Surat Dinas, Penulisan Artikel Ilmiah di Jurnal, dan Permasalahan Kebahasaan dalam Artikel Ilmiah. Selain itu, ia juga membedah beberapa surat dan artikel hasil karya tulis praja IPDN Kampus NTB sebagai salah satu contoh praktik kebahasaan. Sesi berikutnya adalah diskusi tanya jawab bersama para praja. Kegiatan diakhiri serah terima cinderamata berupa maskot si Kika Sasak, Samawa, dan Mbojo dan plakat IPDN Kampus NTB antarkedua pihak.

Sementara itu, Sabrina Humaira, perwakilan dari praja IPDN Kampus NTB menyampaikan harapan terkait kegiatan ini. Ia berharap adanya kegiatan ini dapat memberikan kesadaran pentingnya mempelajari penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, terutama dalam penulisan karya tulis ilmiah. Selain itu, ia juga bersyukur karena telah mendapatkan ilmu baru mengenai bahasa Indonesia yang baik dan benar sehingga para praja dapat menggunakan ilmu tersebut.

Pelaksanaan kegiatan ini merupakan salah satu wujud realisasi kerja sama yang selama ini telah dilaksanakan baik oleh Kantor Bahasa Provinsi NTB dan IPDN Kampus NTB. Selain kegiatan Kuliah Umum, sebelumnya telah dilaksanakan Pelatihan Bahasa Inggris bagi Praja IPDN Kampus NTB yang akan selesai pada Senin, tanggal 28 November 2022 dan pelibatan narasumber dalam kegiatan Mancakrida. Kerja sama antara kedua pihak direncanakan akan dilanjutkan pada tahun berikutnya. (ron)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

NTB Gencarkan Pengembangan Padi Inpari Nutri Zinc untuk Turunkan Angka Stunting

0
Mataram (Suara NTB) – Kementerian Pertanian telah berhasil memproduksi varietas Padi Inpari Nutri Zinc. Varietas tersebut kaya nutrisi sehingga diharapkan dapat mencegah dan menurunkan...

Latest Posts

NTB Gencarkan Pengembangan Padi Inpari Nutri Zinc untuk Turunkan Angka Stunting

Mataram (Suara NTB) – Kementerian Pertanian telah berhasil memproduksi...

Sidang Desa Jero Gunung, Kades Akui Tanda Tangan Dipalsukan

Mataram (Suara NTB)- Kepala Desa (Kades) Jero Gunung, Amrullah...

100 KK di Ntobo Kota Bima Belum Tersentuh Jaringan Internet

Kota Bima (Suara NTB) - Kurang lebih sebanyak 100...

Desa Gemilang Informasi Publik, Ikhtiar Wujudkan Keterbukaan Informasi Publik hingga Tingkat Desa

Mataram (Suara NTB)- Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik...

Dinas LHK NTB Apresiasi Keberhasilan Desa Semparu Terkait Tata Kelola Sampah

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB melalui...