Kalender Pariwisata, 28 Event Siap Ramaikan NTB Selama 2023

Mataram (Suara NTB) – Provinsi NTB telah menyusun calendar of event atau kalender pariwisata tahun 2023 mendatang. Sebanyak 28 event yang terdiri dari event olahraga, budaya, festival hingga pertunjukan musik akan siap meramaikan provinsi NTB di tahun depan. Kalender pariwisata ini sendiri secara resmi sudah diluncurkan tanggal 12 November lalu saat pembukaan Lombok – Sumbawa Fair.

 Sekretaris Dinas Pariwisata Provinsi NTB Lalu Hasbulwadi merincikan, di Bulan Februari 2023 kelender wisata NTB dimulai dengan agenda Road to Bike dan Festival Pesona Bau Nyale. Selanjutnya di bulan Maret kembali akan digelar Lombok – Sumbawa Fair di Sirkuit Mandalika. Di bulan yang sama, gelaran balap motor dunia World Superbike (WSBK) dan Asia Talent Cup (ATC) hadir kembali untuk yang ketiga kalinya di Lombok.

Di Maret 2023, umat Islam melaksanakan puasa Ramadhan. Di momentum itulah agenda Pesona Khazanah Ramadhan yang secara rutin digelar oleh Pemprov NTB akan kembali dilaksanakan.

Selanjutnya di Bulan April 2023, Festival Tambora kembali bergulir. Event untuk memperingati letusan Gunung Tambora ini diharapkan bisa mendatangkan wisatawan domestik maupun mancanegara sambil menikmati alam Tambora yang memesona.

“Di Bulan Mei 2023, event olahraga Element Damp GFNY Lombok kembali bergulir dan meramaikan jalanan di Lombok dengan ratusan pesepada dari berbagai macam negara. Di Bulan yang sama, event L’Etape Indonesia yang digelar oleh Tour De France kembali hadir di NTB,” terang Lalu Hasbulwadi kepada Suara NTB akhir pekan kemarin.

Selanjutnya event Motocross Grand Prix (MXGP) Samota yang akan digelar di Rocket Motor Circuit kembali akan mengibur pecinta otomotif Tanah Air pada bulan Juni 2023. Tanggal pelaksanaannya pun sudah ditentukan yaitu 26 Juni 2023.

Masih di Bulan Juni, event Ironman 70.3 Lombok yang sukses digelar pada Oktober kemarin akan kembali menyapa masyarakat NTB. Pesertanya adalah para atlet yang berasal dari puluhan negara di dunia. Di bulan itu juga digelar Festival Balona dan Festival Pasaji Ponan.

Sedangkan di bulan Juli 2023 akan hadir event Shell Eco Marathon Asia, event Pesona Bumi Selaparang yang menampilkan ragam budaya di Kabupaten Lombok Timur. Masih di bulan Juli, MXGP untuk kedua kalinya akan bergulir Lombok.

“Di bulan Juli itu juga diagendakan event Sembalun Jarock di wilayah Sembalun Lotim,” ujarnya.

Di Bulan Agustus 2022, evet olahraga Uci MTB Marathon World Championships akan digelar di Pulau Moyo Kabupaten Sumbawa. Di bulan yang sama, event Festival Mutiara akan digelar oleh Pemprov NTB sebagai bentuk promosi dan untuk meningkatkan penjualan mutiara-mutiara yang dihasilkan NTB.

Selanjutnya di Bulan September 2023, event Lombok International Modes Fashion akan meramaikan bulan kemerdekaan RI tersebut. Masih di bulan yang sama, Pantai Lakey Dompu dengan potensi surfing kelas dunia akan menjadi lokasi gelaran surfing dunia yang bertajuk World Surf League Lakey.

“Di bulan September itu juga akan digelar Lombok – Sumbawa Travel Fair dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke NTB. Di Bulan September itu juga lomba pacuan kuda atau Pacua Jara di Pulau Sumbawa akan kembali bergulir,” lanjut Lalu Hasbulwadi.

Kemudian di Bulan Oktober 2023, event balap motor paling bergengsi sejagat yaitu MotoGP akan kembali digelar untuk kedua kalinya di Sirkuit Mandalika. Gelaran ini diprediksi akan mendatangkan ratusan ribu penonton seperti halnya kegiatan MotoGP bulan Maret 2022 kemarin. MotoGP Mandalika ini dirangkai dengan event Lombok – Sumbawa Fair dengan menghadirkan ratusan pelaku UMKM.

Tak ketinggalan, event tahunan Senggigi Sunset Jazz di tahun 2023 akan digelar di bulan Oktober untuk menghibur penonton di dalam daerah dan untuk menggaet wisatawan ke Senggigi. Di bulan Oktober itu juga akan hadir Gili Festival di Gili Trawangan. Event budaya yang tak pernah ketinggalan yaitu Perang Topat di Pura Lingsar Kabupaten Lombok Barat (Lobar) akan menutup Kalender Wisata bulan November 2023.(ris)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Tingkatkan Kompetensi Sales People, AHM Gelar Mash Up Community Contest

0
Mataram (suarantb.com)-Meningkatnya penjualan sepeda motor Honda yang disertai juga dengan banyaknya komunitas-komunitas sepeda motor yang terus berkembang, menjadikan sales people sebagai garda terdepan bisnis...

Latest Posts

Tingkatkan Kompetensi Sales People, AHM Gelar Mash Up Community Contest

Mataram (suarantb.com)-Meningkatnya penjualan sepeda motor Honda yang disertai juga...

PLN Siapkan Kembali Suplai Listrik Berlapis untuk Gelaran WSBK 2023

Mataram (Ekbis NTB)-Perhelatan ajang internasional World Super Bike (WSBK)...

Selain Promo Besar-besaran, Ricky Smartphone Siapkan 1.000 Snack Sehat bagi Pengunjung

Mataram (Suara NTB)-Menyambut bulan kasih sayang, Ricky Smartphone di...

Dinas LHK NTB akan Buka Kembali Pos Pengamanan Hutan

Mataram (Suara NTB) – Setelah sempat vakum akibat Pandemi...

Pemkot Bima Naikkan Dana Bantuan Stimulan Jadi Rp750 Juta

Kota Bima (Suara NTB) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bima...