Pemkot Anggarkan Rp1,1 Miliar untuk Mall Pelayanan Publik

Mataram (Suara NTB) – Pemkot Mataram mengalokasikan anggaran Rp1,1 miliar untuk penyediaan sarana mall pelayanan publik. Mall pelayanan publik akan mulai beroperasi awal Januari 2023.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Mataram, H. Amiruddin menyampaikan, mall pelayanan publik tinggal diresmikan karena proses perencanaan dan penentuan lokasi telah disetujui oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB). Mall pelayanan publik ini akan melayani perizinan, administrasi kependudukan, pembayaran pajak, KUA, dan lain sebagainya. “Tahapannya tinggal grand opening saja, karena soft opening kan sudah,” kata Amir dikonfirmasi, Jumat, 25 November 2022.

Mall pelayanan publik sebagai inovasi daerah yang sebelumnya melayani perizinan satu pintu, tetapi diubah menjadi satu atap. Pelayanan tidak hanya dari pemerintah daerah melainkan dilakukan oleh instansi vertikal lainnya. Amir menyebutkan, instansi vertikal yang mendaftar seperti Kantor Kementerian Agama Kota Mataram yang akan melayani administrasi pernikahan, Pengadilan Negeri Mataram melayani sidang tindak pidana ringan, dan lain sebagainya.

Pihaknya secara bertahap akan menyiapkan ruangan bagi instansi vertikal maupun OPD lainnya. “Kita siapkan bertahap dulu,” jawabnya.

Pihaknya telah menganggarkan Rp1,1 miliar untuk membangun mall pelayanan publik di Kota Mataram. Anggaran ini berkaitan dengan penyiapan infrastruktur, jaringan, serta sewa gedung dan kebutuhan lainnya.

Mantan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kota Mataram ini, mengharapkan hadirnya mall pelayanan publik bisa mempermudah masyarakat untuk mengurus keperluan mereka. Seperti pengurusan izin, pembayaran pajak, dan lain sebagainya. Pasalnya, mall pelayanan publik terintergrasi dengan berbagai pelayanan publik yang dibutuhkan oleh masyarakat di satu lokasi.

Seperti diketahui, mall pelayanan publik akan disiapkan di pusat perbelanjaan di Cakranegara yang merupakan aset milik Pemerintah Kota Mataram. (cem)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

NTB Gencarkan Pengembangan Padi Inpari Nutri Zinc untuk Turunkan Angka Stunting

0
Mataram (Suara NTB) – Kementerian Pertanian telah berhasil memproduksi varietas Padi Inpari Nutri Zinc. Varietas tersebut kaya nutrisi sehingga diharapkan dapat mencegah dan menurunkan...

Latest Posts

NTB Gencarkan Pengembangan Padi Inpari Nutri Zinc untuk Turunkan Angka Stunting

Mataram (Suara NTB) – Kementerian Pertanian telah berhasil memproduksi...

Sidang Desa Jero Gunung, Kades Akui Tanda Tangan Dipalsukan

Mataram (Suara NTB)- Kepala Desa (Kades) Jero Gunung, Amrullah...

100 KK di Ntobo Kota Bima Belum Tersentuh Jaringan Internet

Kota Bima (Suara NTB) - Kurang lebih sebanyak 100...

Desa Gemilang Informasi Publik, Ikhtiar Wujudkan Keterbukaan Informasi Publik hingga Tingkat Desa

Mataram (Suara NTB)- Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik...

Dinas LHK NTB Apresiasi Keberhasilan Desa Semparu Terkait Tata Kelola Sampah

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB melalui...