Efek Sirkuit Mandalika, Bisnis Penyewaan Kelengkapan Balapan Muncul

Mataram (Suara NTB) – Keberadaan Sirkuit Mandalika di Kuta, Lombok Tengah yang kini menjadi kebanggaan bangsa Indonesia menjadi inspirasi bagi mereka yang kreatif menangkap peluang. Salah satunya, muncul usaha penyewaan perlengkapan balapan.

Usaha ini dirintis Budi Dharma, salah satu pegiat otomotif di NTB. Ia membuka usaha penyewaan perlengkapan balapan sejak euforia balapan di Sirkuit Mandalika, dari World Superbike, hingga MotoGP. Kendati sebenarnya, usaha penyewaan ini sudah dirintisnya sejak tahun 2019 lalu. “Semangat tumbuh setelah heboh Sirkuit Mandalika,” kata Budi kepada Suara NTB, Jumat, 25 November 2022.

Bisnis penyewaan perlengkapan balapan ini ada di Selagalas, Kota Mataram.  Boleh dibilang, baru satu-satunya ada bisnis penyeweaan bagi pecinta balapan. Perlengkapan balapan yang disewakan diantaranya, wearpack (pakaian balap), sepatu balap, sarung tangan balap, tanpa terkecuali helm balap. Meskipun jumlah perlengkapan yang disewakannya masih terbatas, namun sudah banyak peminat.

“Sudah beberapa kali ada penyewaan untuk balap, ada juga yang digunakan balapan di luar,” tambah Budi. Untuk pakaian balap, ia menyediakan beberapa ukuran, dari yang terkecil, hingga ukuran besar. Harganya juga sangat terjangkau, mulai dari Rp175.000/hari. Sepatu juga mulai dari harga sewa Rp75.000/hari. Biasanya kelengkapan balap ini disewa saat ada event, tidak saja di Sirkuit Mandalika, pun event balapan yang diselenggarakan di Sirkuit Selagalas.

Budi menambahkan, menyewa kelengkapan balapan menurutnya lebih praktis bagi banyak orang. Karena penggunaannya tidak setiap hari. Tempo-tempo saja saat ada event balapan. Atau event yang terkait balapan. Apalagi pakaian khusus balap jika tidak digunakan secara rutin, kondisinya bisa berubah. Sehingga dibutuhkan perawatan khusus. Karena itu, pilihan menyewa adalah paling pas.

“Karena, pakaian balapan juga tidak seperti pakaian pada umumnya. Perkembangan tubuh kita bisa mempengaruhi sempit longgarnya pakaian. Mana tahu tiba-tiba badan melar. Pakaian balapnya jadi tidak cukup lagi. Karena harganya lumayan,” kata Budi. Bisnis penyewaan kelengkapan balapan ini dirasa akan makin bergairah, seiring dengan bergairahnya event-event di Sirkuit Mandalika. Misalnya event track day yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan. (bul)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

NTB Gencarkan Pengembangan Padi Inpari Nutri Zinc untuk Turunkan Angka Stunting

0
Mataram (Suara NTB) – Kementerian Pertanian telah berhasil memproduksi varietas Padi Inpari Nutri Zinc. Varietas tersebut kaya nutrisi sehingga diharapkan dapat mencegah dan menurunkan...

Latest Posts

NTB Gencarkan Pengembangan Padi Inpari Nutri Zinc untuk Turunkan Angka Stunting

Mataram (Suara NTB) – Kementerian Pertanian telah berhasil memproduksi...

Sidang Desa Jero Gunung, Kades Akui Tanda Tangan Dipalsukan

Mataram (Suara NTB)- Kepala Desa (Kades) Jero Gunung, Amrullah...

100 KK di Ntobo Kota Bima Belum Tersentuh Jaringan Internet

Kota Bima (Suara NTB) - Kurang lebih sebanyak 100...

Desa Gemilang Informasi Publik, Ikhtiar Wujudkan Keterbukaan Informasi Publik hingga Tingkat Desa

Mataram (Suara NTB)- Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik...

Dinas LHK NTB Apresiasi Keberhasilan Desa Semparu Terkait Tata Kelola Sampah

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB melalui...