Wabup KSB Optimis Turunkan Stunting hingga 2 Persen

Taliwang (Suara NTB) – Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Fud Syaifuddin menyatakan keoptimisannya akan mampun menurunkan angka stuting di daerah hingga 2 persen pada tahun 2024 mendatang.

Berbicara pada acara Rembug Stunting yang digelar, Kamis, 24 November 2022. Wabup mengatakan, untuk mencapai hal itu hanya ada satu kuncinya. Yaitu harus ada langkah kongkret yang digerakkan secara bersama seluruh pemerintah dan masyarakat. “Kalau kita bersama insyaallah tidak ada yang mustahil,” cetusnya.

Wabup menjelaskan, saat ini ada sekitar 11.000 balita dan 1.025 anakam diantaranya terdeteksi mengalami stunting. Pemerintah sendiri untuk mengatasi tersebut telah melakukan berbagai cara dan upaya. “Salah satunya kita sudah benahi sanitasi kita dan hasilnya alhamdulillah paling tinggi di NTB. Jadi STBM kita sudah clear,” katanya.

Namun hal itu belum cukup. Wabup menjelaskan, masalah hari ini bagaimana memberikan perhatian kepda orang yang tidak mampu yang berpotensi memiliki anak stunting ke depannya.” Salah satu langkah kongkret yang kita sudah lakukan yaitu lewat APBDes tapi saya kira itu belum cukup juga,” ujarnya.

Sebagai ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) selanjutnya Wabup menyampaikan harapannya kepada PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN). Kepada perusahan tersebut, ia berharap bisa konsisten terus membantu daerah dalam upaya penanganan stunting.

“Selama ini Pemda mengalokasikan anggaran yang cukup dalam penanganan Stunting. Nah, dengan back up CSR AMMAN tentu ini akan semakin mudah. Makanya lewat kegiatan ini, ayo kita duduk bersama, ayo kita terbuka dalam berpartisipasi,” ajak Wabup.

Terkait kegiatan Rembug Stunting itu sendiri, Wabup berharap bisa melahirkan kesepahaman lintas kabupaten/kota. Bagaimana  kemudian antar daerah aturan jelas tentang migrasi penduduk. “Banyak rumah yang tidak layak huni para pendatang di daerah kita ini yang tentu mempengaruhi kesehatan masyarakat. Dan itu rata-rata adalah pendatang dari luar daerah,” imbuhnya. (bug)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Tingkatkan Kompetensi Sales People, AHM Gelar Mash Up Community Contest

0
Mataram (suarantb.com)-Meningkatnya penjualan sepeda motor Honda yang disertai juga dengan banyaknya komunitas-komunitas sepeda motor yang terus berkembang, menjadikan sales people sebagai garda terdepan bisnis...

Latest Posts

Tingkatkan Kompetensi Sales People, AHM Gelar Mash Up Community Contest

Mataram (suarantb.com)-Meningkatnya penjualan sepeda motor Honda yang disertai juga...

PLN Siapkan Kembali Suplai Listrik Berlapis untuk Gelaran WSBK 2023

Mataram (Ekbis NTB)-Perhelatan ajang internasional World Super Bike (WSBK)...

Selain Promo Besar-besaran, Ricky Smartphone Siapkan 1.000 Snack Sehat bagi Pengunjung

Mataram (Suara NTB)-Menyambut bulan kasih sayang, Ricky Smartphone di...

Dinas LHK NTB akan Buka Kembali Pos Pengamanan Hutan

Mataram (Suara NTB) – Setelah sempat vakum akibat Pandemi...

Pemkot Bima Naikkan Dana Bantuan Stimulan Jadi Rp750 Juta

Kota Bima (Suara NTB) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bima...