Wisman Bersihkan Pantai Lakey Bersama PT STM

Dompu (Suara NTB) – Aksi bersih – bersih pantai kembali digelar PT Sumbawa Timur Mining (STM) di pantai Lakey bersama karang taruna Huu. Pada aksi Jumat bersih dalam program Beach Clean Up ini tidak hanya pihak PT STM dan karang taruna Huu, tapi wisatawan mancanegara (Wisman) juga ikut terlibat bersih – bersih pantai Lakey, Jumat (18/11/2022) pagi. Mereka pun berharap program bersih – bersih ini rutin dilakukan untuk meminimalisir sampah di daerah obyek wisata Lakey.

“Kegiatan bersih – bersih pantai ini bagus. Tidak cukup hanya sekali, tapi perlu dilakukan beberapa kali agar pantai bersih. Mungkin dua kali sebulan, itu baru benar – benar bersih,” kata Acan, wisman asal Jepang yang ikut gotong royong bersihkan pantai Lakey Huu.

Aksi bersih – bersih pantai Lakey, Jumat (18/11/2022) pagi ini dilakukan mulai dari Alis Bar dan Homestay di jalan kembar Lakey hingga di menara pantau surfing sekitar hotel Aman Gati. Sampah yang terkumpul langsung diangkut dengan motor roda tiga yang mengangkut sampah di pantai Lakey.

“Kegiatan bersih-bersih pantai ini sebagai langkah serius PT STM untuk turut serta menjaga kebersihan pantai di sekitar Desa lingkar tambang. Ini merupakan kolaborasi sebagaimana komitmen perusahaan, Tumbuh dan Berkembang bersama masyarakat, dalam upaya meningkatkan kerekatan dan silaturrahmi antara perusahaan dengan warga sekitar,” ungkap Suhardin dari Comrel PT STM selaku koordinator kegiatan.

Kegiatan kebersihan pantai ini juga diharapkan menjadi motivasi bagi warga sekitar untuk turut serta berperan aktif dan peduli dalam menjaga kebersihan pantai. Pelaku wisatapun dituntut ikut menjaga kebersihan pantai dengan menyiapkan tempat buang sampah di sekitar usahanya. Dengan demikian ketika ada wisatawan yang berkunjung, tidak membuang sampah sembarangan.

Muhdar, ketua Karang Taruna Desa Huu kembali menyampaikan apresiasinya kepada PT STM yang ikut memberikan perhatian pada kebersihan pantai. Apalagi pantai yang dibersihkan ini merupakan obyek wisata yang menjadi ikon Huu, Kabupaten Dompu hingga provinsi NTB untuk menarik kunjungan wisatawan mancanegara dengan keinsahan ombaknya.

“Sekarang kita gotong royong bersihin pantai Lakey, semoga ini memotivasi pelaku wisata dan wisatawan yang berkunjung ke Lakey untuk ikut menjaga kebersihan pantai Lakey. Pemerintah daerah juga diharapkan memberikan perhatian pada kebersihan Lakey,” kata Muhdar.

Kepala Desa Hu’u, Mujahidin juga memberikan apresiasinya kepada PT STM yang sudah melakukan bersih – bersih pantai. Apalagi Hu’u ini dikenal sebagai daerah pariwisata, sehingga kebersihan pantai dan lingkungan menjadi keniscayaan. “Kebersihan itu menjadi keharusan ketika ingin memajukan pariwisata. Program ini harus didukung bersama untuk memberi kenyamanan bagi wisatawan,” katanya.

Ia pun mengajak semua pihak untuk bahu membahu dalam menjaga kebersihan pantai dan lingkungan. Ini tidak bisa dilakukan oleh hanya satu pihak, tapi harus menjadi kesadaran bersama untuk menjaganya. (ula)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur...

0
Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat infrastruktur kepengurusan dan jaringan di berbagai wilayah Indonesia menuju Pemilu 2024.Hal ini ditandai dengan dilantiknya...

Latest Posts

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur Partai Guna Raih Double Digit

Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat...

Aruna Senggigi Gelar Malam Apresiasi Pelanggan 2023

Giri Menang (Suara NTB) – Aruna Senggigi Resort &...

Tekan PMK, Pemprov NTB Targetkan 1,4 Juta Ternak Divaksin Tahun 2023 

Selong (suarantb.com)– Dalam rangka pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku...

Beri Pengalaman di Dunia Kerja, BRI Buka Program Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA)

Jakarta (suarantb.com)– Peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia dalam...

Mahasiswa KKN Unram Latih Warga Buat Kerupuk Berbahan Pisang

Mataram (Suara NTB) – Dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat...