PT AMMAN Dukung Kegiatan Operasi Katarak Dinkes KSB

Taliwang (Suara NTB) – Upaya pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menurunkan angka kebutaan di masyarakat mendapat dukungan PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN). Bentuk dukungan itu ditunjukkan perusahaan operator tambang Batu Hijau itu dengan ambil bagian pada penyelenggaraan operasi katarak gratis untuk masyarakat KSB.

Kegiatan operasi katarak gratis yang dilaksanakan di RSUD Asy Syifa itu sendiri dijadwalkan selama dua hari mulai Selasa, 22 November. Turut ambil bagian pula Dinkes NTB bekerja sama dengan Fred Hollows Foundation dan Rumah Sakit Mata NTB.

“Kerja sama multipihak ini menyasar 168 orang penderita katarak di wilayah KSB,” kata kepala Dinkes KSB, Hj. Erna Idawati, Rabu, November 2022.

Ia menjelaskan, operasi katarak gratis ini merupakan wujud upaya serius pemerintah serta pemangku kepentingan lainnya untuk menurunkan angka kebutaan di KSB. Ia pun berharap program ini dapat terus berlanjut sehingga semakin banyak masyarakat KSB yang tertolong sembuh dari kebutaan akibat katarak. “Karena mata merupakan jendela dunia. Dengan mata sehat, maka hidup akan semakin produktif,” tandas Hj. Erna.

Menurutnya, katarak selama ini masih merupakan penyebab kebutaan nomor satu di Indonesia. Tetapi kebutaan akibat katarak adalah kebutaan yang masih dapat disembuhkan dengan tindakan operasi katarak. “Untuk sembuh dari katarak cara efektifnya tindakan operasi,” jelasnya.

“Perkiraan kami tahun ini sebanyak 1.171 orang di KSB mengalami kebutaan dan penyebab terbesarnya adalah katarak. Masalahnya kemudian sampai sekarang belum ada pelayanan dokter spesialis mata di KSB sehingga masih banyak penderita katarak yang belum tertangani secara cepat. Makanya lewat kegiatan ini kita harapkan masyarakat bisa terbantu,” sambung Hj. Er sapaan akrabnya.

Sementara itu, Head of Social Impact & Policy Permitting PT AMMAN, Priyo Pramono menyatakan, partisipasi PT AMMAN dalam kegiatan ini merupakan upaya nyata perusahaan membantu pemerintah memenuhi hak dasar dari masyarakat, yakni kesehatan yang layak.

“Salah satu fokus dalam Rencana Induk Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (RIPPM) yang dicanangkan oleh AMMAN adalah bidang kesehatan. Kami berharap kegiatan ini dapat membantu para penderita penyakit katarak, serta membantu program pemerintah dalam mencapai penurunan angka kebutaan di Bumi Pariri Lema Bariri,” kata Priyo lewat rilis resminya. (bug)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Tingkatkan Kompetensi Sales People, AHM Gelar Mash Up Community Contest

0
Mataram (suarantb.com)-Meningkatnya penjualan sepeda motor Honda yang disertai juga dengan banyaknya komunitas-komunitas sepeda motor yang terus berkembang, menjadikan sales people sebagai garda terdepan bisnis...

Latest Posts

Tingkatkan Kompetensi Sales People, AHM Gelar Mash Up Community Contest

Mataram (suarantb.com)-Meningkatnya penjualan sepeda motor Honda yang disertai juga...

PLN Siapkan Kembali Suplai Listrik Berlapis untuk Gelaran WSBK 2023

Mataram (Ekbis NTB)-Perhelatan ajang internasional World Super Bike (WSBK)...

Selain Promo Besar-besaran, Ricky Smartphone Siapkan 1.000 Snack Sehat bagi Pengunjung

Mataram (Suara NTB)-Menyambut bulan kasih sayang, Ricky Smartphone di...

Dinas LHK NTB akan Buka Kembali Pos Pengamanan Hutan

Mataram (Suara NTB) – Setelah sempat vakum akibat Pandemi...

Pemkot Bima Naikkan Dana Bantuan Stimulan Jadi Rp750 Juta

Kota Bima (Suara NTB) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bima...