Kejurprov Motocross Bupati Loteng Cup Siap Digelar

0
Sejumlah crosser tengah mengecek kondisi Sirkuit Motocross Lantan 459 jelang gelaran Kejurprov Motocross Bupati Loteng Cup 2022, akhir pekan kemarin. (Suara NTB/ist)

Praya (Suara NTB) – Ketua Panitia Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Motocross Bupati Lombok Tengah (Loteng) Cup 2022, L. Firman Wijaya, S.T.M.T., menegaskan kalau pihaknya telah memperoleh rekomendasi dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) NTB untuk menggelar kejuaraan tersebut pada Desember mendatang. Pihaknya pun kini tinggal mengurus izin dari pihak kepolisian serta menyiapkan lokasi gelaran Kejurprov Motocross yang direncanakan akan dilaksanakan pada 17-18 Desember mendatang tersebut.

“Rekomendasi atas gelaran event ini dari IMI NTB sudah kita pegang. Baik itu terkait pelaksanaan eventaya sendiri maupun soal kelas yang akan dipertandingkan. Tinggal sekarang kita mengurus izin dari pihak kepolisian,” ungkap L. Firman Wijaya, kepada Suara NTB, Senin, 21 November 2022.

Mengingat, event tersebut bakal mendatangkan banyak orang, sehingga izin dari kepolisian menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi. Adapun terkait kesiapan Sirkuit Motocross Lantan 459 yang akan menjadi venue gelaran, Sekda Loteng ini menegaskan dalam beberapa waktu ke depan akan mulai dilakukan perbaikan dengan fokus utama perbaikan ada sisi track atau jalur lintasan sirkuit. Mengingat, kondisi track saat ini banyak membutuhkan perbaikan. Untuk bisa dinyatakan siap dan layak menggelar kejuaraan motocross tingkat Provinsi NTB.

Untuk peserta sendiri, Firman menegaskan, kendati ini merupakan kejuaraan tingkat Provinsi NTB namun pihaknya tidak menutup peluang bagi peserta luar NTB untuk ikut ambil bagian. Di mana panitia telah menyiapkan kelas khusus yang nantinya bisa diikuti oleh peserta dari luar NTB yang mungkin levelnya sudah lebih tinggi.

Selain dari sisi sirkuit, pembenahaan juga akan dilakukan terhadap lokasi UMKM. Karena nantinya akan cukup banyak UMKM yang bakal dilibatkan dalam event tersebut. Sebagaimana semangat dari gelaran event tersebut untuk bisa memberikan dampak bagi perkembangan UMKM di daerah ini. Khususnya lagi UMKM yang ada di wilayah Loteng bagian utara.

Memang, saat ini sirkuit motocross Lantan masih tetap digunakan sebagai tempat latihan bagi sejumlah klub motor. Biasanya dilaksanakan pada akhir pekan, setiap Sabtu dan Minggu. Hanya saja, untuk bisa menggelar kejuaraan, apalagi levelnya provinsi, maka perlu dilakukan perbaikan, sehingga bisa memenuhi standar yang ada. (kir)