Program ‘’Matching Fund’’ Kedaireka 2022 ‘’Test Tour’’ 16 Desa Wisata Lingkar Mandalika Praya

0
Foto Bersama Kelompok III Dalam Rangka Test Tour 16 Desa Wisata Lingkar Mandalika

Tim Program Matching Fund Kedaireka Program Ilmu Komunikasi Universitas Mataram bekerja sama dengan Universitas 45 Mataram, Generasi Pesona Indonesia (GENPI), dan Besiru Hub mengadakan Test Tour paket wisata selama dua hari, Jumat-Sabtu (18-19/11) di 16 Desa Wisata Lingkar Mandalika.

Kegiatan ini melibatkan setidaknya 31 orang yang terdiri dari awak media, content creator, pelaku pariwisata, hingga akademisi untuk menjajal paket tur wisata yang ditawarkan oleh 16 Desa Wisata Lingkar Mandalika.

Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari Pelatihan Penyusunan Paket Wisata bagi Pelaku Wisata. Dalam pelaksanaannya, 31 orang yang terlibat dibagi kedalam empat tim, masing-masing mengunjungi empat desa wisata.

Tim pertama mengunjungi Wisata Ziarah di Desa Labulia, Pusat Pembuatan Kerajinan Gerabah di Desa Penujak, Desa Adat Ende, dan Desa Sade. Tim kedua mengunjungi wisata Jurang Sate di Desa Sepakek, Pawon Bangket di Desa Marong, Desa Tenun Sukarara, dan Kantin 21 di Desa Bonjeruk. Tim ketiga mengunjungi Kawasan Surfing Pantai Selong Belanak, Kompleks Pantai Mekar Sari, TWA Gunung Tunak. Tim keempat mengunjungi Situs Gunung Samalas Desa Tanak Beak, Danau Biru Desa Karang Sidemen dan Air Terjun Benang Kelambu.

Tak hanya mencoba paket tur wisata, peserta membuat konten berupa foto dan video selama mengunjungi masing-masing desa wisata untuk di publikasikan di saluran media social yang mereka miliki. Keberadaan peserta sebagai pihak eksternal memberikan masukan yang positif kepada pelaku pariwisata terkait pengembangan yang ada.
Selain membantu pelaku pariwisata, kegiatanini juga sebagai bentuk promosi agar 16 Desa Wisata Lingkar Mandalika semakin dikenal serta sebagai pemantik kunjungan wisata di masa yang akan datang.

Hartin Khusnia, Ketua Program Matching Fund Kedaireka menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian program yang sudah di rencanakan dan diketahui juga oleh pelaku pariwisata di masing-masing desa. Pada hari ini dengan melibatkan konten creator, media radio, koran, corporate di bidang tour and travel, serta akademisi dapat memberikan masukan yang membangun dalam mengelola sumber daya di desa wisata, 19 November 2022. (r)
Untuk info lebih lanjut mengenai pengalaman peserta mengunjungi desa wisata ini, dapat dicari di Instagram dan media sosial lainnya melalui hastag #lombok #lombokisland #lomboktrip #exploreindonesia #pesonaindonesia #indonesia #explorelombokisland #wonderfullombok #village #villagelife #nature #travel #villagepeople #desawisatalomboktengah #eventlimboktengah #kulinerdesawisata #wisataadatlombok #ikomunram #genpi #besiruhub #upatma.