Fakultas Dharma Duta, Brahma Widya, dan Dharma Sastra IAHN Gede Pudja Mataram Gelar Workshop Wirausaha Muda

0
Rektor IAHN Gde Pudja Mataram berfoto bersama dengan sejumlah pejabat, narasumber, dan peserta Workshop Wirausaha Muda saat pembukaan kegiatan, Sabtu, 19 November 2022.(Suara NTB/ron)

Mataram (Suara NTB) – Fakultas Dharma Duta, Brahma Widya, dan Dharma Sastra Institut Agama Hindu Negeri (IAHN) Gde Pudja Mataram menggelar Workshop Wirausaha Muda dengan tema Get Ready to be an Entrepreneur. Workshop itu dilaksanakan di Aula Lantai III IAHN Gde Pudja, pada Sabtu, 19 November 2022 dan Minggu, 20 November 2022, dilanjutkan pada Sabtu, 26 November 2022, Minggu, 27 November 2022, dan Senin, 28 November 2022.

Ketua Panitia Workshop Wirausaha Muda, Indah Suprabawati Kusuma Negara, SE., M.M., dalam laporannya mengatakan, peserta workshop ini diikuti 120 orang yang sebagian besar mahasiswa semester V dan Semester III Fakultas Dharma Duta, Brahma Widya, dan Dharma Sastra IAHN Gde Pudja.

“Selama workshop berlangsung ada 15 narasumber yang sangat luar biasa yang akan hadir memberikan materi, terdiri dari lima dosen internal IAHN Gde Pudja dan 10 narasumber eksternal,” sebutnya.

Tujuan kegiatan ini yaitu agar menggugah mahasiswa ketika lulus kuliah tidak hanya sibuk mencari pekerjaan, tetapi juga membuka lapangan kerja. “Mahasiswa diharapkan bisa menyerap maksimal ilmu yang disampaikan narasumber,” harap Indah.

Para narasumber eksternal antara lain Satyahita (dari Street Boba Lombok), Maria Fadhila (Komiku), Putri Ayu Diana (Loveana Salon), Jati (Lombok Yoga Center), Dr. Surya Pradnya (JDR Bali), Yogi Mahatma (Inside Lombok), Bagus Krisna (Kingsman Lombok), dan Bagus Wira (Electra Diamond). Materi kewirausahaan juga disampaikan sejumlah dosen IAHN Gde Pudja Mataram.

Rektor IAHN Gde Pudja Mataram, Dr.Ir. I Wayan Wirata, A.Ma.,S.E.,M.Si., dalam sambutannya mengatakan, di era digital, kewirausahaan menjadi salah satu tolok ukur dalam proses tumbuh dan berkembang seseorang. Oleh sebab itu, seseorang perlu menciptakan hal berbeda. “Untuk mampu berkiprah ke depan, untuk mencapai tantangan hidup ke depan lebih baik,” ujarnya.

Menurut Rektor, ada beberapa hal yang mesti dimiliki seseorang jika ingin berhasil dalam kewirausahaan antara lain mahasiswa perlu percaya diri, menjadi seorang inovator, perlu memiliki target dalam hidup, siap menghadapi risiko, serta memiliki kedisiplinan.

“Mahasiwa harus punya ide kreatif, kritis, inovatif, dengan demikian jangan sekali saudara merasa bangga punya kelebihan, masih banyak orang lain punya kelebihan dan kecerdasan. Karena itu perlu membuka jaringan dengan orang lain. Kewirausahaan itu menciptakan ide berbeda, harus disiplin,” jelas Rektor.

Pembukaan Workshop ini dihadiri juga oleh Dekan Fakultas Dharma Duta, Brahma Widya, dan Dharma Sastra IAHN Gde Pudja Mataram, Dr. Joko Prayitno, S.Ag., ST., M.Pd.H., serta sejumlah pejabat IAHN Gde Pudja Mataram. Workshop diisi dengan penyampaian materi dari para narasumber dari dosen IAHN Gde Pudja Mataram dan para praktisi atau pengusaha, serta diisi dengan diskusi antara peserta dengan narasumber. (ron)