Bupati KSB Kembali Terima Penghargaan Level Nasional

Taliwang (Suara NTB) – Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), H. W. Musyafirin kembali menerima penghargaan level Nasional. Kali ini di ajang Indonesia Smart Nation Award (ISNA), bupati memenangkan kategori special achievement for Innovative economic recovery melalui inovasinya dalam Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR).

Sebelum ditunjuk sebagai pemenang, KSB telah melalui serangkaian penilaian oleh tim ISNA. Berbagai inovasi yang selama ini telah digalakkan daerah dalam upaya pemulihan ekonomi masyarakat. Ada pun beberapa inovasi yang diusulkan dalam proses asesmennya hampir seluruh agenda ekonomi PDPGR, mulai dari optimalisasi Koperasi Syariah, program Bariri UMKM, Bariri Tani dan Bariri Nelayan.

Dalam acara penghargaan itu di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Tangerang, Banten, Kamis lalu. Bupati dalam sambutannya memaparkan, betapa efektifnya penerapan PDPGR sebagai salah satu instrumen penggerak dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Lewat program itu berbagai hal bisa disentuh pemerintah secara cepat dan tepat. Beberapa yang dicontohkan bupati bagaimana PDPGR kemudian dapat melakukan  percepatan dalam pemulihan bencana gempa dan pencapaian sanitasi total berbasis masyarakat (STBM)  sehingga KSB memperoleh predikat sebagai kabupaten pertama yang telah melaksanakan 5 Pilar STBM. “Dengan tuntas 5 pilar STBM itu KSB alhamdulillah mendapatkan Rekor MURI,” kata bupati.

Hal lain disampaikan bupati, mengenai keberadaan Program Inovasi Yasinan. Di mana program inovasi yang dilaksanakan jumat malam setiap pekannya itu dijadikan masyarakat sebagai sarana menyampaikan langsung pengaduan dan asprisiasi terhadap pembangunan di daerah. “Dan program inovasi ini juga telah mendapatkan penghargaan di OGP Asia Pasifik,” urainya.

Selain KSB beberapa kabupaten lain turut menerima penghargaan di ajang ISNA itu untuk kategori lainnya. Daerah-daerah itu diantaranya Kabupaten Indramayu di kategori Society Collaboration Initiative, Kabupaten Blitar kategori Participative Community, Kota Samarinda kategori Tematic City, Kota Tangerang kategori Consistency in Governance Innovation, dan Kota Semarang kategori City with CSR Initiative. (bug)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Tingkatkan Kompetensi Sales People, AHM Gelar Mash Up Community Contest

0
Mataram (suarantb.com)-Meningkatnya penjualan sepeda motor Honda yang disertai juga dengan banyaknya komunitas-komunitas sepeda motor yang terus berkembang, menjadikan sales people sebagai garda terdepan bisnis...

Latest Posts

Tingkatkan Kompetensi Sales People, AHM Gelar Mash Up Community Contest

Mataram (suarantb.com)-Meningkatnya penjualan sepeda motor Honda yang disertai juga...

PLN Siapkan Kembali Suplai Listrik Berlapis untuk Gelaran WSBK 2023

Mataram (Ekbis NTB)-Perhelatan ajang internasional World Super Bike (WSBK)...

Selain Promo Besar-besaran, Ricky Smartphone Siapkan 1.000 Snack Sehat bagi Pengunjung

Mataram (Suara NTB)-Menyambut bulan kasih sayang, Ricky Smartphone di...

Dinas LHK NTB akan Buka Kembali Pos Pengamanan Hutan

Mataram (Suara NTB) – Setelah sempat vakum akibat Pandemi...

Pemkot Bima Naikkan Dana Bantuan Stimulan Jadi Rp750 Juta

Kota Bima (Suara NTB) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bima...