Tim Zero Waste Tangani Puluhan Ton Sampah yang Dihasilkan WSBK Mandalika

0

Mataram (Suara NTB) – Event World Superbike (WSBK) Mandalika 11 – 13 November 2022 menghasilkan puluhan ton sampah. Namun sampai saat ini, tim masih melakukan penghitungan untuk menentukan barapa jumlah pasti sampah dalam event yang menghadirkan 51 ribu penonton tersebut.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Pengendalian Pencemaran Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) NTB, Firmansyah mengatakan, Tim Satgas Zero Waste DLHK Provinsi NTB terjun ke Mandalika untuk mengawasi sampah selama WSBK.

Tim Satgas Zero Waste NTB berkoordinasi dengan DLH Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) BSF Sengkol dan Waste Management untuk menangani sampah selama event.

“Total sampah yang dihasilkan itu puluhan ton selama tiga hari. Namun angka pastinya masih dihimpun oleh tim yang ditunjuk oleh ITDC, termasuk sampah yang berhasil dipilah,” kata Firmansyah kepada Suara NTB, Rabu, 16 November 2022.

Ia mengatakan, khusus dari Satgas Zero Waste, minimal setiap hari ada delapan orang tim yang hadi untuk membantu pelaksanaan pembinaan, pengawasan dan pengendalian atau Binwasdal.

Selain itu, ada pembagian tim yang khusus melakukan patroli dan penanganan sampah ilegal mulai dari Senggigi hingga Mandalika. Sampah yang berhasil ditemukan di jalan nasional itu kemudian dibawa ke TPA Regional Kebon Kongok.

Penanganan sampah di Mandalika dibagi menjadi dua tempat yaitu di TPS Timur yang masuk dalam kawasan Sirkuit dan TPS Barat yang lokasinya dekat dengan Masjid Nurul Bilad.

Dalam satu hari, sampah yang berhasil dihimpun bisa mencapai 6,2 ton. Khusus sampah di sekitar Sirkut Mandalika telah berhasil dikumpulkan sebanyak 3,8 ton dalam sehari. Sampah dibagi menjadi 12 jenis.

Pengelolaan sampah selama event WSBK telah menekan jumlah sampah yang masuk ke TPA sekitar 65 persen. Artinya tersisa residu yang dibuang ke TPA sebanyak 35 persen.(ris)