Parade Budaya Harlah KSB Ditutup Ribuan Anak SD

Taliwang (Suara NTB) – Rangkaian parade budaya memeriahkan Harlah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) ke-19 resmi berakhir, Senin, 14 November 2022. Di penutupan itu, ribuan anak SD ambil bagian menjadi penampil terakhir dengan mengangkat tema teknologi masa lampau tau Samawa’.

Wakil Bupati KSB, Fud Syaifuddin yang melepas parade budaya tingkat SD ini memberikan apresiasi kepada seluruh peserta. Menurut dia, selama kegiatan pawai sejak hari petama semua peserta memberikan warna dengan beragam tema yang menunjukkan wajah KSB. “Kemarin anak-anak TK pakai budaya nusantara. Ini sekarang anak-anak SD pakai pakaian yang menunjukkan keseharian kita (masyarakat Samawa),” katanya.

Kegiatan parade budaya semacam ini, kata Wabup ke depan harus terus dilaksanakan. Ini untuk mengingatkan bahwa masyarakat KSB memiliki keragaman yang sangat kaya. Tidak saja budaya masyarakatnya yang multi etnis tetapi juga aktivitas masyarakatnya yang beragam. “Dengan acara seperti ini kita kemudian akan selalu diingatkan dengan akar kita,” imbuh Wabup.

Sementara itu, kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) KSB, Khusnarti menyampaikan, parade budaya tingkat SD ini diikuti oleh 100 sekolah dari seluruh kecamatan. “Banyak tema yang diusung masing-masing peserta parade. Temanya dipilih sekolah sendiri dengan tujuan agar siswa dapat mengenal adat istiadat dan budayanya,” terangnya.

Khusnarti pun memberikan apresiasi atas peran serta dan dukungan seluruh pihak yang sudah menyukseskan kegiatan tersebut. Ia menyatakan, hal itu menunjukkan bahwa masyarakat sangat mencintai daerah ini. “Sejak hari pertama pawai selalu semarak,” klaimnya.

“Bil khusus kepada orang tua siswa saya berikan apresiasi karena mereka gotong royong mereka menyiapkan anak-anaknya agar bisa ikut dalam rangkaian parade budaya ini,” sambung Khusnarti.

Sesuai temanya ragam budaya teknologi pertanian masa lampau, sejumlah sekolah menampilkan aktivitas pertanian yang biasa digeluti masyarakat. Ada yang menampilkan tata cara menanam padi, menaman jagung hingga tata cara mengolah lahan.(bug)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Tingkatkan Kompetensi Sales People, AHM Gelar Mash Up Community Contest

0
Mataram (suarantb.com)-Meningkatnya penjualan sepeda motor Honda yang disertai juga dengan banyaknya komunitas-komunitas sepeda motor yang terus berkembang, menjadikan sales people sebagai garda terdepan bisnis...

Latest Posts

Tingkatkan Kompetensi Sales People, AHM Gelar Mash Up Community Contest

Mataram (suarantb.com)-Meningkatnya penjualan sepeda motor Honda yang disertai juga...

PLN Siapkan Kembali Suplai Listrik Berlapis untuk Gelaran WSBK 2023

Mataram (Ekbis NTB)-Perhelatan ajang internasional World Super Bike (WSBK)...

Selain Promo Besar-besaran, Ricky Smartphone Siapkan 1.000 Snack Sehat bagi Pengunjung

Mataram (Suara NTB)-Menyambut bulan kasih sayang, Ricky Smartphone di...

Dinas LHK NTB akan Buka Kembali Pos Pengamanan Hutan

Mataram (Suara NTB) – Setelah sempat vakum akibat Pandemi...

Pemkot Bima Naikkan Dana Bantuan Stimulan Jadi Rp750 Juta

Kota Bima (Suara NTB) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bima...