PT STM Inisiasi Bersih-Bersih Bersama Warga di Desa Adu dan Cempi Jaya

Dompu (Suara NTB) – PT Sumbawa Timur Mining (PT STM) kembali menggelar program community service dalam bentuk kegiatan bersih-bersih desa. Program kolaborasi antara perusahaan, pemerintah desa, pemuda desa, dan masyarakat ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan dan sebagai bentuk antisipasi musibah banjir dan penyebaran penyakit DBD. Kegiatan bersih-bersih desa kali ini dilakukan di Desa Adu dan Desa Cempi Jaya Kecamatan Hu’u, Jumat, 11 November 2022.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh sekitar 30 warga dari berbagai lapisan masyarakat ini dilakukan kegiatan pembersihan di dua area utama di dua desa. Pertama di saluran drainase sekitar pemukiman desa Cempi Jaya yang tersumbat akibat menumpuknya sampah dan sedimentasi, serta pembersihan sampah di jalan utama dan berbagai ranting serta kayu yang berserakan di pinggir jalan utama lintas Lakey Desa Adu kecamatan Hu’u.

Department Community Relation PT STM, Didit Susiyanto menjelaskan program ini merupakan inisiatif strategis perusahaan dalam upaya turut serta berpartisipasi menjaga kebersihan lingkungan di desa lingkar tambang yaitu Desa Adu dan Desa Cempi Jaya.

“Kegiatan bersih-bersih kampung ini merupakan langkah serius yang dilakukan PT STM untuk turut serta menjaga kebersihan di lingkungan sekitar desa lingkar Tambang dan tidak terbatas hanya di dalam area perusahaan saja. Ini juga merupakan bentuk kolaborasi yang merupakan wujud semangat dari PT. STM yaitu Tumbuh dan Berkembang bersama Masyarakat, dalam upaya meningkatkan kerekatan dan silaturahmi antara perusahaan dan warga sekitar perusahaan. Selain itu, kami juga berharap dengan kegiatan ini dapat memotivasi warga sekitar untuk turut serta berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungannya,” jelasnya.

Kepala Desa Adu, Burhanuddin sangat mengapresiasi program community service berupa bersih-bersih desa yang diinisiasi manajemen PT STM dalam upaya membantu menjaga kebersihan desanya. “Apa yang dilakukan PT STM sangat kami apresiasi. Ini juga sejalan dengan visi misi kami di awal, untuk selalu menjaga kebersihan sekitar. Karena kebersihan merupakan yang pertama dilihat dan dinilai,” ucapnya.

Selain kebersihan di sekitar jalan utama Desa Adu, PT STM juga melakukan kegiatan bersih-bersih di aliran drainase atau selokan pemukiman rumah masyarakat Desa Cempi Jaya. Aliran drainase pemukiman ini turut dibersihkan, sehingga tidak menambah jumlah sampah dan sedimen yang masuk kedalam drainase ketika turun hujan. Apalagi dalam kodisi saat ini, curah hujan cukup tinggi.

“Tumpukan sampah dan sedimen dari drainase selanjutnya diangkut oleh mobil sampah ke lokasi tempat pembuangan sampah agar lingkungan sekitar tetap bersih dan sehat,” ujar Mahdon dari Tim Community Relation PT. STM.

Sementara Kades Cempi Jaya, Syarifuddin sangat mendukung program PT. STM melalui kegiatan bersih-bersih lingkungan di Desa Cempi Jaya melalui kolaborasi antara warga desa dengan PT. STM. Dengan lingkungan yang sehat dan aluran drainase yang bersih, kesehatan juga terjaga dan jauh dari penyakit serta bebas dari banjir.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada PT. STM, pemuda dan warga Desa Cempi Jaya yang telah turun langsung dalam aksi bersih-bersih desa dan aliran drainase di pemukiman masyarakat pada hari ini,” ujar Syarifuddin.

Program community development dalam bentuk kegiatan bersih – bersih desa diharapkan agar sinergitas yang terbangun dan terjalin selama ini antara PT. STM dengan masyarakat desa lingkar tambang tetap terpelihara, bisa mewujudkan desa yang asri dan sehat untuk masa depan anak cucu. (ula)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

NTB Gencarkan Pengembangan Padi Inpari Nutri Zinc untuk Turunkan Angka Stunting

0
Mataram (Suara NTB) – Kementerian Pertanian telah berhasil memproduksi varietas Padi Inpari Nutri Zinc. Varietas tersebut kaya nutrisi sehingga diharapkan dapat mencegah dan menurunkan...

Latest Posts

NTB Gencarkan Pengembangan Padi Inpari Nutri Zinc untuk Turunkan Angka Stunting

Mataram (Suara NTB) – Kementerian Pertanian telah berhasil memproduksi...

Sidang Desa Jero Gunung, Kades Akui Tanda Tangan Dipalsukan

Mataram (Suara NTB)- Kepala Desa (Kades) Jero Gunung, Amrullah...

100 KK di Ntobo Kota Bima Belum Tersentuh Jaringan Internet

Kota Bima (Suara NTB) - Kurang lebih sebanyak 100...

Desa Gemilang Informasi Publik, Ikhtiar Wujudkan Keterbukaan Informasi Publik hingga Tingkat Desa

Mataram (Suara NTB)- Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik...

Dinas LHK NTB Apresiasi Keberhasilan Desa Semparu Terkait Tata Kelola Sampah

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB melalui...