Pengolahan Sampah Organik Hantarkan SDN 12 Hu’u Raih Sekolah Adiwiyata

Dompu (Suara NTB) – SDN 12 Hu’u berhasil meraih sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Dompu. Prestasi ini tidak lepas dari kesuksesan sekolah mengolah sampah organik menjadi pengharum ruangan hingga pupuk cair dari program pendampingan PT Sumbawa Timur Mining (STM).

Penyerahan penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata ini diserahkan langsung Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST., MT., usai upacara Hari Pahlawan di kantor Bupati, Kamis, 10 November 2022.

“Yang dilakukan seluruh warga SDN 12 Hu’u dalam mengolah sampah organiknya yang berasal dari kulit buah, sehingga menghasilkan produk Eco-Enzim. Manfaat Eko Enzim ini sebagai pengharum ruangan, pembersih toilet dan lain-lain,” kata kepala SDN 12 Huu, M. Said, S.Pd.

Warga SDN 12 Hu’u juga berhasil membuat pupuk cair dari bonggol pisang dan produk pengolahan sampah organik lainnya. Program menjaga lingkungan dari sampah plasik juga dijalankan SDN 12 Hu’u ini dengan komitmen memilah sampah dari diri sendiri.

Setiap siswa dituntun untuk memilah sampah plastik dan sampah organik. Sampah plastik dipilah untuk proses daur ulang. Termasuk sampah plastik dari sisa makanan ringan dimasukan dalam botol. Ketika penuh, botolnya dibuat jadi kerajinan seperti sofa dari botol air mineral.

“Setiap hari Senin, Selasa, dan Rabu, anak-anak kami suruh bawah sampah plastik dari lingkungan rumahnya. Dikumpulkan di sekolah, kemudian kita timbang di Bank Sampah Madarangga Bersinar Desa Cempi Jaya yang juga program pemberdayaan PT STM,” terangnya.

Hasil produk pengolahan sampah organik SDN 12 Hu’u, kata M. Said, sudah dipamerkan pada kegiatan pameran program Edu Fair PT STM di SMPN 1 Hu’u dan pameran kegiatan STBM tingkat Kabupaten Dompu di gedung Samakai Dompu. Produk ini mendapat sambutan positif dari pengunjung dan pasar. Bahkan sekolah mulai memasarkan pada warga sekitar sekolah Desa Cempi Jaya.

“Untuk mendapatkan produk eco-enzim atau pupuk cair bisa langsung ke SDN 12 Hu’u. Harganya hanya Rp20 ribu untuk eco-Enzim,” ungkap M. Said.

M. Said pun merasa bangga atas penghargaan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Dompu dan berharap bisa menjaga konsistensi dalam aksi nyata sebagai sekolah Adiwiyata. “Tentu kami berharap dapat mengikuti lomba (sekolah Adiwiyata) ke tingkat Provinsi, bahkan tingkat Nasional,” harapnya.

Kepala DLH Kabupaten Dompu, Jufri, ST., M.Si., menyampaikan apresiasinya kepada sekolah peraih predikat sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Dompu. Sekolah-sekolah ini akan mewakili Kabupaten Dompu pada lomba sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi hingga tingkat Nasional.

“Penilaian sekolah Adiwiyata ini dilakukan setiap tahun, dan tahun 2023 nanti kita akan siapkan piala bergilir Bupati. Ini juga menjadi motivasi bagi sekolah-sekolah yang lain untuk bisa menjaga sekolah dan lingkungan tetap bersih dan asri,” harapnya.

Ada tiga sekolah peraih Adiwiyata tahun 2022. SDN 2 Dompu yang ada di Kelurahan Karijawa sebagai peringkat pertama. SDN 12 Hu’u yang ada di Desa Cempi Jaya sebagai peringkat kedua. SMPN 1 Kempo sebagai peringkat ketiga. Ketiga sekolah ini diberikan piala, piagam, dan cinderamata sekolah Adiwiyata yang disiapkan DLH Kabupaten Dompu. (ula)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur...

0
Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat infrastruktur kepengurusan dan jaringan di berbagai wilayah Indonesia menuju Pemilu 2024.Hal ini ditandai dengan dilantiknya...

Latest Posts

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur Partai Guna Raih Double Digit

Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat...

Aruna Senggigi Gelar Malam Apresiasi Pelanggan 2023

Giri Menang (Suara NTB) – Aruna Senggigi Resort &...

Tekan PMK, Pemprov NTB Targetkan 1,4 Juta Ternak Divaksin Tahun 2023 

Selong (suarantb.com)– Dalam rangka pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku...

Beri Pengalaman di Dunia Kerja, BRI Buka Program Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA)

Jakarta (suarantb.com)– Peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia dalam...

Mahasiswa KKN Unram Latih Warga Buat Kerupuk Berbahan Pisang

Mataram (Suara NTB) – Dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat...