250 UMKM Lolos Kurasi Untuk WSBK

0

Mataram (Suara NTB) – Sebanyak 250 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lolos kurasi. 250 UMKM ini dipersiapkan untuk berjualan saat gelaran World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, 11-13 November 2022 ini. Ketua Dewan Kerajinan Nasional Indonesia Daerah (Dekranasda) Provinsi NTB, Hj. Niken Saptarini Zulkieflimansyah, bersama Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi NTB, Ahmad Masyhuri menyebut, UMKM yang dikurasi ini adalah UMKM handycraft, kuliner.

“Yang sudah dikurasi ini akan mengisi spot-spot UMKM yang sudah dipersiapkan di area Sirkuit Mandalika,” ujarnya. Niken, istri gubernur NTB ini. Dekranasda sendiri senantiasa menyiapkan UMKM dalam program pembinaan berkelanjutan. Untuk WSBK tahun ini, UMKM akan dipusatkan di sekitar kawasan Sirkuit Mandalika. Sebelumnya, Sekdiskop UKM NTB Muhammad Fauzan S.Ag,M.Pd membuka kegiatan Kurasi UMKM Produk Kuliner dan Handicraft di lantai 2 Aula PLUT KUMKM NTB di Jalan Pemuda Mataram, 29 Oktober 2022.

Fauzan mengatakan, 400 produk UKM akan dikurasi dan sekitar 80% kuliner (makanan dan minuman) sisanya 20% adalah handicraft. Nantinya, Kata Fauzan Produk UKM yang telah lulus kurasi atau memenuhi persyaratan akan mengisi stand yang ada di dalam Sirkuit Mandalika.

Kepada 400 UMKM terutama kepada Kuliner, dianjurkan agar tidak terlalu banyak menjajakan produknya pada hari pertama dan kedua mengingat jumlah penonton tidak terlalu banyak sehingga dikhawatirkan produknya tidak banyak yang terjual. UMKM diminta fokus untuk hari ketiga race. Kurasi kepada 400 UKM juga dalam rangka mendukung penyelenggaraan Lombok Sumbawa Fair Event WSBK. (bul)