Pengiriman Logistik WSBK Tuntas, Kedatangan Kru dan Pembalap Tunggu Jadwal

0
Pesawat Malaysia Airlines yang membawa kargo berupa logistik WSBK tiba di BIZAM, Selasa kemarin. Ini merupakan kargo terakhir logistisk WSBK yang datang melalui BIZAM. (Suara NTB/kir)

Praya (Suara NTB) – Pengiriman logistik pendukung event World Superbike (WSBK) melalui jalur udara sudah tuntas. Semua logistik saat ini sudah berada di Pertamina Mandalika International Street Circuit untuk proses pengecekan oleh pihak Bea Cukai. Pengecekan diperkirakan akan memakan waktu sekitar seminggu.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Assocation (MGPA) Priandhi Satria, mengatakan hal itu, kepada Suara NTB, Selasa, 1 November 2022.

“Semua (logistik) sudah di pitbox untuk proses pemeriksaan selanjutnya oleh pihak Bea Cukai serta instansi terkait lainnya. Kita harapkan seminggu ini (pemeriksaan logistik WSBK) beres,” tegasnya seraya menambahkan, pengiriman logistik tersebut berlangsung dalam tiga tahap melalui Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM).

Sementara itu, Stakeholder Relations Manager PT. Angkasa Pura (AP) I Lombok International Airport (LIA) Arif Hariyanto, menambahkan, logistik terakhir untuk WSBK sudah tiba di BIZAM pada Selasa pagi sekitar pukul 06.30 Wita. Menggunakan pesawat jenis Airbus 330-200 Freighter milik maskapai Malaysia Airlines, total ada 27,2 ton logistik.  Logistik diberangkatkan dari Kuala Lumpur, Malaysia.

Sama halnya logistik-logistik sebelumnya, logistik terakhir tersebut langsung dibawa ke sirkuit internasional Mandalika untuk menjalani proses pemeriksaan lebih lanjut. Karena pihak bandara tidak melakukan pengecekan atau pemeriksaan terakhir logistik WSBK.

‘’Semua pemeriksaan untuk logistik WSBK dilakukan di sirkuit internasional Mandalika,” ujarnya. Dengan kedatangan logistik terakhir tersebut maka total ada 176 ton logistik WSBK yang datang. Dikirim menggunakan tiga pesawat charter flight dari tiga maskapai berbeda.

Dengan rincian, Qatar Airways B777F membawa muatan seberat 81,82 ton. Sedangkan Ethiopian Airlines juga dengan jenis pesawat yang sama, B777F membawa 67,03 ton kargo logistik WSBK 2022. Dan, Malaysia Airlines membawa 27,2 ton logistik WSBK.

Disinggung soal rencana kendaraan kru, pembalap serta offial WSBK, Arif mengaku sampai sejauh ini pihaknya belum mendapat jadwal. Karena dari pihak MGPA sendiri belum memberikan konfirmasi kepada pihak bandara, prihal kedatanga para pembalap, kru serta official WSBK tersebut.

“Untuk kedatangan pembalap, kru dan official, kita tunggu jadwal resmi dari pihak penyelenggara. Terpenting, kami dalam hal ini sudah siap menerima dan menyambut kedatangan para pembalap, kru dan official WSBK mendatang,” tandas Arif. (kir)