Tiga Penyakit yang Harus Diwaspadai Musim Hujan

Selong (Suara NTB) – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur (Lotim), Dr. H. Pathurrahman mengimbau warga waspada dan menjaga kesehatan selama musim hujan. Disebut ada tiga jenis penyakit yang harus diwaspadai yang penularannya terjadi karena faktor lingkungan.

Tiga penyakit tersebut adalah Demam Berdarah (DBD), Pneumonia dan diare. “Kondisi lingkungan kita sekarang sedang dilanda hujan dan terkadang juga panas, ini yang harus diwaspadai,” ungkapnya pada Suara NTB.

Sejauh ini, warga-warga yang terserang penyakit seperti DBD di Lotim belum terlalu menakutkan. Meski demikian, warga terus tetap waspada. Jumlah kasus terakhir 37. Dibandingkan dengan jumlah penduduk, rasionya dinilai Pathurahman relatif kecil.

Selanjutnya, penyakit diare juga harus tetap diwaspadai. Penyakit yang penularannya cukup cepat dari lingkungan yang sudah tercemar harus diantisipasi. Penyebaran utamanya lewat air. Tangan kurang higienis, tapi juga bisa lewat udara, asap kotor dan tanah kotor.

Diketahui beberapa tahun lalu, Lotim pernah mengalami Kejadian Luar Biasa (KLB) diare. Kala itu, banyak sekali warga Lotim yang tertular. Harapannya kejadian tersebut tidak terulang lagi. Karenanya untuk mencegah penularannya, seluruh desa di Lotim didorong segera mewujudkan Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan di desa masing-masing. Pasalnya, penularan yang cepat itu juga dari aktivitas warga yang buang air besar sembarangan. “ODF  harus segera diwujudkan,” sebutnya.

Harus ada kegiatan pemahaman kepada seluruh masyarakat. Terus dorong agar berperilaku hidup bersih dan sehat. “Cuci tangan pakai sabun, karena 42 persen secara riset mencuci tangan ini bisa cegah diare,” imbuhnya.

Begitupun penyakit pneumonia yang tidak luput dari perhatian. Pneumonia adalah infeksi pada salah satu atau kedua paru-paru yang disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur. Infeksi menyebabkan peradangan di kantung udara paru-paru, yang disebut alveoli. Alveoli terisi cairan atau nanah, sehingga penderita akan sulit untuk bernapas.

Pneumonia adalah penyakit menular, baik yang disebabkan oleh virus ataupun bakteri. Penyakit ini dapat menyebar dari orang ke orang melalui menghirup tetesan udara dari bersin atau batuk. (rus)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

NTB Gencarkan Pengembangan Padi Inpari Nutri Zinc untuk Turunkan Angka Stunting

0
Mataram (Suara NTB) – Kementerian Pertanian telah berhasil memproduksi varietas Padi Inpari Nutri Zinc. Varietas tersebut kaya nutrisi sehingga diharapkan dapat mencegah dan menurunkan...

Latest Posts

NTB Gencarkan Pengembangan Padi Inpari Nutri Zinc untuk Turunkan Angka Stunting

Mataram (Suara NTB) – Kementerian Pertanian telah berhasil memproduksi...

Sidang Desa Jero Gunung, Kades Akui Tanda Tangan Dipalsukan

Mataram (Suara NTB)- Kepala Desa (Kades) Jero Gunung, Amrullah...

100 KK di Ntobo Kota Bima Belum Tersentuh Jaringan Internet

Kota Bima (Suara NTB) - Kurang lebih sebanyak 100...

Desa Gemilang Informasi Publik, Ikhtiar Wujudkan Keterbukaan Informasi Publik hingga Tingkat Desa

Mataram (Suara NTB)- Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik...

Dinas LHK NTB Apresiasi Keberhasilan Desa Semparu Terkait Tata Kelola Sampah

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB melalui...