NTB Optimis Bisa Lampaui Target Investasi Rp15,3 Triliun

0
NTB optimis bisa lampaui target investasi sebesar 15,3 triliun di 2022. Salah satu sumbernya adalah investasi dari pembangunan Smelter PT. AMNT ( Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Provinsi NTB tetap optimis bisa melampaui target investasi tahun 2022 sebesar Rp 15, 3 triliun. Optimisme tersebut muncul karena nama NTB semakin dilirik oleh investor yang berinvestasi di sejumlah sektor, terutama di bidang pertambangan dan pariwisata.

Kepala DPMPTSP Ir.H. Mohammad Rum, M.T  mengatakan, khusus di triwulan III (Juli – September) ini, realisasi investasi sudah mencapai angka Rp 4 triliun, baik Penanaman Modal Asing (PMA) maupun Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN).

“Angka realiasasi investasi kita di triwulan III sudah sampai 4 triliun. Kami juga tetap optimis target investasi Rp 15,3 triliun bisa tercapai hingga akhir tahun,” kata Moh Rum kepada Suara NTB, Kamis, 27 Oktober 2022.

Ia mengatakan,  khusus untuk PMDN di triwulan III- 2022, Provinsi NTB masuk dalam 10 besar capaian investasi dengan angka Rp 3,2 triliun. Provinsi NTB bisa menyalip realisasi investasi beberapa provinsi lain seperti Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Bengkulu, Sulawesi Tenggara dan sejumlah daerah lainnya.

Rum mengatakan, beberapa investasi bidang pertambangan yang cukup menonjol seperti pembangunan Smelter PT. Amman Mineral, PT. Sumbawa Timur Mining, dan lainnya. Smelter di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) sedang dalam proses pembangunan sambil dilakukan perekrutan tenaga kerja.

Dalam kesempatan sebelumnya Rum mengatakan, sejumlah event internasional yang digelar di Lombok dan Sumbawa seperti MotoGP, WSBK, MXGP dan lainnya telah membuat nama Provinsi NTB makin dikenal secara nasional dan internasioal. Hal ini juga telah memicu ketertarikan dunia usaha untuk berinvestasi di daerah ini.

Tidak hanya di bidang pertambangan dan pariwisata, namun sektor  pelabuhan kelas internasional juga menjadi magnet yang tetap menarik, seperti Global Hub di Kabupaten Lombok Utara (KLU). Global Hub menjadi salah satu andalan utama NTB untuk investasi. Jika hal itu terwujud, akan ada investasi sebesar Rp 350 triliun di sana. Global Hub akan menjelma menjadi Singapura kedua, karena lokasinya yang sangat strategis yaitu di kawasan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II.

“Karena memang fungsinya dalah sebagai jalur kapal-kapal besar lintas benua, laut dalam dan sangat potensial. Jika ini bisa terwujud, tentunya KLU bisa menjadi pusat ekonomi baru tidak hanya bagi Provinsi NTB, namun bagi Indonesia,” kata Rum.

  Adapun realisasi investasi di Provinsi NTB di tahun 2021 lalu mencapai angka Rp 14 triliun.  Capaian tersebut di atas target nasional yang hanya Rp 6,5 triliun sekaligus melewati target RPJMD sebesar Rp 13 triliun. Sementara di triwulan I 2022 realisasi investasi sebesar Rp 4,1 triliun, triwulan II sebesar Rp 5 triliun dan triwulan III sebesar Rp 4 triliun.

“Adapun target yang dibebankan ke Provinsi NTB oleh pusat sebesar Rp 18,5 triliun dan di RPJMD NTB sebesar Rp 15,3 triliun tahun 2022 ini,” sambungnya.

Di tahun 2021 kemarin, investasi yang paling menonjol di NTB masih di sektor pertambangan, selanjutnya sektor ekonomi kreatif, perhubungan, infrastruktur, perdagangan dan lainnya. Jika bicara kabupaten/kota, kontribusi terbesar investasi berasal dari PT. AMNT di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dan PT. Sumbawa Timur Mining di Kabupaten Dompu.

“Selanjutnya adalah investasi di Mandalika Lombok Tengah. Ada Angkasa Pura juga di Lombok Tengah, di Lombok Timur juga ada PLTS. Namun tidak mendominasi, sebab tambang lah yang paling mendominasi,” ujarnya.

Tenaga kerja yang terserap di NTB dengan adanya investasi – investasi tersebut sekitar 6000 orang. Sebagian kecil adalah tenaga ahli dari luar, selebihnya sekitar 70 – 80 persen adalah tenaga kerja lokal. Pihaknya meminta kepada para investor untuk memberdayakan masyarakat lokal. Termasuk logistik dan akomodasi, mereka diminta menggunakan sumberdaya lokal. (ris)