SMPN 10 Mataram Percantik Tampilan Sekolah

0

Mataram (Suara NTB) –  SMPN 10 Mataram  terus berbenah, baik membenahi fisik atau tampilan sekolah maupun sisi akademik. Pihak sekolah menata dan mempercantik lingkungan sekolah.

Kepala SMPN 10 Mataram, Chamim Tohari mengatakan, untuk meningkatkan layanan kepada siswa, pihaknya menata penampilan sekolah mulai dari taman bagian depan, bagian tengah dengan merenovasi kolam ikan koi, memfasilitasi pojok literasi, pembenahan tempat pembuangan sampah, dan membenahi halaman belakang menjadi warung hidup.

“Pengelolaan sampah di SMPN 10 Mataram sudah mempunyai Bank Sampah dengan unit pengolahan sampah organik terdiri dari pupuk kompos, briket, dan budi daya magot di bawah binaan dan kerja sama Bank Lisan Mataram dan Magot Centre,” ujar Chamim.

Chamim menjelaskan, untuk sampah anorganik, dimanfaatkan untuk pengembangan mata pelajaran prakarya. Bahan yang tidak terpakai dijual utnk pengelolaan operasional Bank Sampah. Bank Sampah dikelola para sengan dengan struktur direktur dan ketua divisi semuanya siswa dan ditambah karyawannya adalah tim tukang kebun. Sedangkan guru dan kepala sekolah sebagai unsur komisaris. “Semua kegiatan itu dalam rangka menuju zero waste,” ujar Chamim.

Di samping itu, pihaknya juga melakukan pembenahan musala. Chamim mengatakan, pendanaan pembenahan musala dari warga sekolah dan masyarakat yang ikhlas membantu dalam upaya memfasilitasi siswa melaksanakan kegiatan imtaq.

Revitalisasi ruang guru juga dilakukan oleh SMPN 10 Mataram. Upaya ini agar guru merasa nyaman. Selain ditata ulang, ruang guru juga dilengkapi dengan adanya ruang dapur. Pembenahan lampu penerangan depan sekolah yang berada di Jalan Adisucipto juga dilakukan “Sehingga terang benderang di malam hari dan ini sebagi wujud peran sekolah mewujudkan visi Kota Mataram Harum,” ujar Chamim.

SMPN 10 Mataram juga meluncurkan moto SMPN 10 Mataram BERSINAR yaitu Bersih, Etos kerja yang tinggi, Religius, Sehat, Inovatif, Nyaman, Aman, dan Ramah.  (ron)