Poltekpar Lombok Bantu Kurasi ’’Side Event’’ Pendukung WSBK

Praya (Suara NTB) – Jajaran Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Lombok berkerjasama dengan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) dan sejumlah pemerintah kabupaten di NTB, saat ini tengah melakukan inventarisir sekaligus kurasi sejumlah event yang bisa menjadi side event pendukung gelaran World Superbike (WSBK) tahun 2022 termasuk juga event MotoGP di tahun 2023 mendatang.

‘’Keberadaan side event yang beragam tersebut diharapkan bisa menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung. Sekaligus bisa menambah long stay para wisatawan selama gelaran event internasional itu nantinya,’’ ungkap Pembantu Direktur I Poltekpar Lombok, Dr. Amirosa Ria Satiadji, M.M., CHE., kepada Suara NTB, Selasa, 27 September 2022.

Dikatakannya, NTB khususnya Pulau Lombok sebenarnya memiliki banyak event yang bisa dikembangkan sebagai event pendukung gelaran event dunia di daerah ini. Terutama event-event kesenian dan budaya. Hanya saja, banyak di antaranya event-event tersebut sudah mulai hilang dan tidak jelas keberlanjutannya.

“Di sinilah kita coba membantu beberapa daerah termasuk Lombok Tengah (Loteng) untuk bisa mengkurasi dan menghidupkan kembali event-event yang sudah mulai hilang. Sehingga bisa menjadi daya tarik ataupun destinasi wisata bagi wisatawan untuk datang ke daerah ini,” terangnya.

Saat ini pihaknya masih melakukan inventarisir event-event yang potensi untuk diangkat sebagai event pendukung. Setelah itu, event-event tersebut akan dikurasi supaya bisa lebih menarik untuk ditonton wisatawan. Tanpa kemudian menghilangkan hilai-nilai lokal yang terkandung ataupun orisinalitas yang ada pada event tersebut.

Hasil invetarisir dan kurasi itu nantinya, diharapkan tidak hanya untuk side event pendukung event dunia di daerah ini saja. Tapi bisa juga masuk menjadi kalender event pariwisata bagi di daerah ini. Mengingat, ketersediaan kalender event juga menjadi salah satu persoalan yang perlu diselesaikan oleh pemerintah di daerah ini. Dalam upaya mendukung dan mendorong kemajuan sektor pariwisata.

“Beberapa daerah kita lihat masih kesulitan menyusun kalender event pariwisatanya. Inilah yang coba untuk kita bantu. Supaya kedepan baik provinsi hingga kabupaten/kota di NTB memiliki kalender event pariwisatanya masing-masing,” ujarnya.

Dengan begitu, wisatawan yang akan datang ke daerah ini sudah punya perencanaan event-event saja yang akan dikunjungi selama berwisata di daerah ini. Dan, event yang bisa dikunjungi tidak hanya berupa pertunjukan kesenian budaya ataupun objek wisata yang memang sudah ada saja. Desa-desa  wisata dengan berbagai potensi yang dimilikinya juga bisa menjadi pilihan event untuk dikunjungi.

“Upaya ini juga kita lakukan di beberapa daerah yang memang menjadi daerah binaan Poltekpar Lombok. Dan, nyatanya cukup banyak event di daerah tersebut yang kemudian bisa kita angka menjadi event pariwisata,” tutup Amirosa. (kir)




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Latest Posts

Inilah Model Baju Koko Terbaru Tahun 2022

Model baju koko terbaru selalu muncul hampir di setiap...

Pembangunan Rendah Karbon dan Berketahanan Iklim Harus Terintegrasi dalam Dokumen Perencanaan

Mataram (Suara NTB)-Kementerian BPN/Bappenas terus mendorong pemerintah daerah di...

Jadi Tuan Rumah Berbagai Event Internasional, Bukti Keberhasilan Pembangunan Infrastruktur di NTB

Mataram (suarantb.com)—Terselenggaranya berbagai event internasional di NTB menjadi salah...

Gali Pesan yang Tersirat dan Tersurat Lewat Pameran Wastra

Mataram (Suara NTB) – Pameran wastra NTB resmi dibuka...